Selasa, 15 Maret 2011

CONTOH NASKAH SELITER TVRI

KOMEDI SODA GEMBIRA TVRI

TEMA : ”SPORTIF”

JUDUL : BESAR HATI-HATI

PEMAIN :

  • GIMMICK :
  1. JARWO KWAT
  2. GOESPUR
  3. MEGAWANGI
  4. HABUDI

  • SKETSA :
  1. JAIM
  2. FADIL
  3. BOPAK
  4. JHON MUDI
  5. BTW 1
  6. BTW 2

SEGMEN 1 :

GIMMICK :

Pak JK sedang main catur sendirian, catur putih dia yang jalanin dan yang item juga dia juga yang jalanin. Pak Goespur ngeledekin Pak JK yang katanya stress main catur sendirian. Pak JK malah nyombongin diri kalau gak ada lawan yang seimbang buat dirinya.

GUS PUR

Pak JK ini semakin hari kok semakin kelihatan aneh loh !

JK

Aneh kenapa brother ?

GUS TUR

Masa gak ngerasa, lah itu coba lihat, masa main catur sendirian kayak orang stress

JK

Mendingan saya main sendiri Gus, Justru kalau saya main sama Gus Pur, saya lebih stress

GUS PUR

Pak JK saya kasih tau ya, kita itu jadi orang harus jujur, Jangan pake alasan stress dong gak mau main sama saya, bilang aja Pak JK takut kalah, gitu aja kok repot

JK

Enak aja sorry ya Brother, anda itu bukan lawan saya, disini itu udah gak ada lagi lawan yang bisa ngalahin saya, jangan kan disini semua Grand Master catur di Indonesia udah saya taklukin mulai dari utut Adianto, Susanto Megaranto sampai Chris Jhon.

GUS PUR

Pak JK ini aya-aya wae, Chris John itu bukan pemain catur, tapi bulu tangkis

Bu Megawangi datang memperkenalkan Pak Habudi yang katanya juara catur di Jerman. Pak JK gak percaya dan bikin Pak Habudi semakin semangat memperlihatkan kehebatanya. Akhirnya Pak Goespur menengahi agar mereka adu catur dan siapapun yang kalah hasrus sportif. Mereka bermain catur dengan seksama..

MEGA & HABUDI

Assalamualaikum..

JK

Waalaikum salam, waduh maaf nih kita gak nerima sumbangan

GUS PUR

Pak JK gimana sih, masa Bu Mega dating bawa teman di kira minta sumbangan, kalo bisa ke rumah sebelah aja Bu Mega, yang punya rumah lagi pergi..

JK

Ah itu sih sama aja Gus.., ini Bu Mega bawa siapa ?

BU MEGA

[memperkenalkan Habudi] Ini teman lama saya dari Jerman

HABUDI

Kenalkan nama pendek saya Habudi, nama panjangnya Haaaaaa Buuuuuu Diiiiiiii

GUS PUR

Pak JK, saya nyesel loh kenalan ?

JK

Loh kenapa Gus ?

GUS PUR

Ya bayangin aja, masa nama pendeknya Habudi nama panjangnya Haaaa buuuu diiiiii, itu sih sama aja, gak usah di kenalin nama panjangnya.

BU MEGA

Wah kebetulan ada papan catur, Pak Habudi ini di Jerman Juara catur loh

GUS PUR

Bodo amat mau juara catur kek juara apa kek terserah… wis sak karep mu dewe..

JK

Loh jangan sewot gitu dong brother, aya naon

GUS PUR

Saya masih kesel sama nama panjangnya tadi loh…

JK

Pak Habudi, bicara soal catur saya ini jagonya, terus terang aja saya tuh gak percaya kalau Pak Habudi juara catur

HABUDI

Kalau memang gak percaya boleh di coba, kalau gak enak gak usah bayar

JK

Ini main catur apa beli buah…

GUS PUR

Udah kalau emang anda berdua jago catur, coba di adu, tapi siapa yang kalah harus sportif mengakui kekalahannya..

Tiba2 saat Pak Habudi sudah hampir kalah, caturnya tersenggol bu Megawangi dan berantakan. Pak JK gak terima dan bilang kalau Pak Habudi kalah. PakGoespur menengahi kalau mereka harus sportif hasilnya draw karena accident…..

SEGMENT 1 (durasi 6 menit)

JUDUL : REBUTAN PACAR

LOKASI : TAMAN

PEMAIN :

BOPAK sebagai MAHASISWA 1

FADIL sebagai MAHASISWA 2

BTW sebagai MAHASISWI

JAIM sebagai GURU

SINOPSIS :

BOPAK sedang merayu BTW teman kampusnya untuk jadi pacarnya, datang FADIL yang juga naksir BTW untuk jadi pacarnya, sehingga terjadi keributan memperebutkan BTW, saat keributan terjadi datang JAIM sebagai DOSEN melerai keributan, DOSEN kemudian mengambil jalan tengah yakni minta BTW menentukan siapa yang akan dipilih jadi pacarnya dan yang gak terpilih diminta untuk sportif menerima kenyataan. BTW akhirnya memilih DOSEN sebagai pacarnya.

Nampak BOPAK sedang memberikan sebuah bunga sambil mengeluarkan rayuan gombalnya pada BTW dengan puisi, pantun, dll.

BOPAK

Hai... aku gak nyangka akhirnya bisa juga ngobrol berdua sama kamu

BTW

Sama dong... gue juga enggak nyangka akhirnya bisa ngobrol sama jerigen minyak

BOPAK

[kesel] Haduh... nih cewek, baru aku mau berdiplomasi persuasif dengan kamu, sudah kamu cela seperti itu...

BTW

Udah to the point aja, mau ngapain lo ngajak gue ngobrol di tempat ini

BOPAK

Aku Cuma mau ngasih pantun buat kamu... Ada acar di kasih jamu, anter tamu ke norwegia. Andai aku jadi pacar kamu, hidup kamu pasti bahagia.

BTW

Ada acar dikasih jamu, beli paku sampai pusara, Andai aku jadi pacar kamu, hidup aku pasti sengsara.

BOPAK

Kalau aku ibaratkan, kamu itu ibarat pena, karena selalu menuliskan kata-kata cinta di hatiku

BTW

Kalau aku ibaratkan, Kamu itu ibarat jarum, yang selalu menusuk-nusuk jantung hati ku

BOPAK

Udah lah kamu terima aja cinta aku, di kampus ini udah gak ada lagi pria yang setampan aku

BTW

Yang begini ngaku tampan, ngaca di sumur ?

BOPAK

Kok kamu malah menghina aku sih ??

BTW

Eh... biar gue gak dihina, tampang lo tuh emang udah terhina tau

FADIL INFRAME, kesal melihat BOPAK sedang merayu-rayu BTW yang juga cewek incarannya langsung memarahinya

FADIL

Waduh... cacing sawah berani-beraninya deketin calon pacar gue

BOPAK

Enak aja lu maen bilang calon pacar lu, ngaca dong lu, ini tuh calon pacar gue... iya kan sayang

BTW

Sayang... sayang... pala lu peyang

FADIL

Eh elu kan tau kalo gue lagi pede kate sama dia, kok elu malah deket-deketin dia

BOPAK

Salah gue... salah keluarga gue... Ya enggak apa-apa dong gue deket-deketin dia, dari pada gue deket-deketin elu [gaya bahasa gaul]

FADIL

Enak aja emang gue cowok apaan

Keduanya lalu ribut saling menarik tangan BTW untuk meminta jadi pacarnya. BTW yang merasa kesakitan teriak minta tolong. DOSEN JAIM yang sedang melintas langsung melerai keributan, tapi JAIM malah jadi sasaran perkelahian keduanya.

JAIM

Stop... Stop... Stop... ini apa-apaan nih, kenapa malah saya yang jadi sasaran.

BOPAK

Abis muka bapak pas banget sih untuk jadi sasaran

JAIM

Kalian ini sebagai mahasiswa abadi harusnya bisa memberi contoh yang baik, bukan bertengkar seperti Ini, ada apa kalian tarik-tarik tangan BTW

BTW

[sambil manja memeluk JAIM] Pak Dosen saya takut...

JAIM

Udah gak apa-apa, kamu tenang aja, saya akan selesaikan masalahnya, coba cerita masalahnya apa ?

BTW

Ini pak mereka ngerebutin saya untuk jadi pacarnya !

JAIM

[geleng-geleng kepala] Haduh... haduh... kalian ini seperti sudah gak ada wanita lain aja di kampus ini, masa cewek satu di rebutin, kan masih ada saya ?

FADIL

Ya bagus lah pak kita rebutin dari pada di rebutin kucing

JAIM

Bapak gak ngelarang kalian pacaran di kampus, tapi kalau kalian pada ribut kaya gini bapak gak suka

FADIL

Dia gak sportif pak, saya kan yang pedekate duluan sama BTW, eh dia malah ikut-ikutan pedekate

BOPAK

Tapi kan dia belom tentu di terima, sementara saya udah pasti di terima

JAIM akhirnya menengahi dengan meminta BTW memilih antara BOPAK dan FADIL. Dengan syarat yang kalah harus sportif gak ngedek-deketin BTW lagi.

ENDING :

BTW memilih JAIM untuk jadi pacarnya. BOPAK dan FADIL protes. JAIM lalu mengingatkan kalau keduanya harus sportif mengakui kekalahannya.

BTW

Ya kalau saya boleh milih... saya pilih bapak deh

BOPAK yang gagal mendapatkan cinta BTW akhirnya mengajak FADIL untuk jadian, FADIL lari ketakutan, tapi BOPAK mengejarnya

SEGMEN 2 :

GIMMICK 2 :

Bu Megawangi senyam2 sendiri sambil baca SMS. Pak Goespur yang dari tadi memperhatikan mengira Bu Megawangi lagi puber ke 2. Bu Megawangi ngasih tau kalau dia baru saja ikutan SMS mau ikutan kontes Warga teladan. Pak Goespur sedikit nahan senyum.....

GUS PUR

Indonesia kayaknya banyak membutuhkan dokter spesialis kejiwaan deh

MEGA

Buat apa Gus...

GUS PUR

Lah kok pake di tanya, ya buat Bu Mega, dari tadi saya perhatiin senyum-senyum sendirian kaya orang waras

MEGA

Oh itu... Saya tuh senyum-senyum karena baru dapet SMS Gus...

GUS PUR

Wah... sadar Bu Mega, udah tua gini masih aja jatuh cinta lagi, pake sms-sms an segala lagi, kaya ABG aja

MEGA

Maksud Loh... Asal anda tau aja ya, saya tuh bukan SMS cinta-cintaan, tapi SMS ikut kontes warga teladan

GUS PUR

Ya gak usah marah gitu dong, gitu aja kok repot

Pak JK datang bersama Pak Habudi (Team Panitia) Pak JK dengan bangganya kalau dia abis BBM an sama warga yang katanya hampir semua mendukung dirinya menjadi Warga teladan. Bu Megawangi gak mau kalah, dia bilang kalau dialah yang mendapatkan dukungan menjadi Warga Teladan.

HABUDI

Eh... Bu Mega sama Gus Pur sedang apa ini ?

GUS PUR

Haduh... Pak JK kenapa harus bawa Pak Habudi sih

JK

Siapa yang bawa Gus, tadi tuh saya ketemu di jalan, saya lupa habis makan daging tulangnya gak saya buang, jadi Pak Habudi ngikutin saya kesini...

HABUDI

Memangnya saya Guk.. Guk.. [sambil mencontohkan meng guk-guk]

JK

Oh iya, tadi tuh saya abis BBMan sama warga, dan ternyata seluruh warga sini mendukung saya untuk jadi warga teladan, gimana Bu Mega juga dukung saya kan ?

MEGA

Wah maaf Pak JK, bukannya saya gak mau dukung Pak JK, saya sudah punya calon sendiri

JK

Siapa bu Mega

MEGA

Ya saya sendiri lah pak JK

JK

Udah bu Mega lebih baik mundur saja, sebab bu Mega gak akan bisa mengalahkan saya untuk jadi warga teladan

MEGA

Gak bisa pak JK, buat saya sekali maju pantang untuk mundur, gimana mau mundur belakang saya tembok

Pak Habudi memberikan beberapa syarat agar terpilih menjadi Warga Teladan. Ternyata keduanya tidak memenuhi kriteria dan yang masuk kriteria justru Pak Goespur.

HABUDI

Wah ternyata pak JK dan Bu Mega sudah mendaftarakan diri sebagai calon warga teladan

JK & MEGA

Iya..

HABUDI

Ini mohon maaf loh Pak JK bu Mega, kebetulan saya panitianya

JK

Kenapa Pak Habudi ?

HABUDI

Pak JK dan Bu Mega tidak lolos verifikasi sebagai calon warga teladan, sebab syaratnya harus menjadi warga kampung sini sekurang-kurangnya 5 tahun, nah pak JK dan Bu Mega kan tinggal disini baru 2 tahun

GUS PUR

Wah berarti yang masuk kriteria saya dong Pak Habudi, saya daftar deh mumpung gak ada saingan...

Pak JK dan Bu Megawangi protes, tapi Pak Habudi mengingatkan agar mereka sportif....

SEGMENT 2 (durasi 6 menit)

JUDUL : KUIS BERPACU DALAM MEMORI

LOKASI : SETT KUIS

PEMAIN :

JAIM sebagai KOES HAJATMO

MUDI sebagai ITEM MAULANA

FADIL sebagai RUDI KARTONO

BOPAK sebagai ALIAS PICAL

BTW sebagai Siluman Ular Putih

SINOPSIS :

Fadil, Bopak dan MUDI mengikuti sebuah kuis berpacu dalam memori yang dipanduJAIM, saat kuis berlangsung beberapa kali BOPAK melakukan protes menuduh JAIM curang memberikan dia soal yang susah-susah. JAIM mengingatkan BOPAK untuk sportif, dan akhirnya FADIL memenangkan kuis tersebut. Saat hadiah di berikan ketahuan kalau FADIL gak sportif karena ternyata dia bekerjasama dengan MUDI, yang membocorkan soal-soal pertanyaan. JAIMpun membatalkan kemenangan FADIL.

ALL CAST ON STAGE

JAIM membuka acara lalu memperkenalkan MUDI sebagai ITEM MAULANA ALL SIZE, setelah itu mempersilahkan MUDI memperkenalkan para peserta

JAIM

Baik selamat datang selamat jumpa para pemirsa dengan acara yang paling meriah ”BERADU DALAM MELODI” dan kali ini saya masih di temani oleh ITEM MAULANA ALL SIZE

MUDI bukannya mainin gitarnya malah sibuk membereskan bajunya

JAIM

Kamu gimana sih, kalau saya perkenalkan langsung maenin musiknya, ini malah sibuk rapihin baju

MUDI

Abis situ manggilnya ITEM MAULANA ALL SIZE, yang bener ITEM MAULANA ALL STAR

JAIM kemudian memperkenalkan peserta yang akan bermain pada hari itu...

JAIM

Baik di hadapan saya sudah hadir legenda-legenda dari dunia olahraga yang telah mengharumkan nama bangsa diberbagai kancah internasional, silahkan dari sebelah kanan terlebih dahulu

MUDI VO memperkenalkan FADIL sebagai RUDI KARTONO legenda bulutangkis

MUDI

Legenda yang satu ini sudah banyak keluar masuk turnamen internasional, baik kejuaraan dunia maupun All England dan terakhir beliau keluar masuk toilet umum karena buang-buang air besar... beri tepuk tangan untuk legenda bulutangkis kita ”RUDI KARTONO”

FADIL memperagakan tekhnik permaianan bulutangkisnya.

MUDI

Baik Legenda yang satu ini pernah menjadi juara dunia di badan tinju IBF, banyak lawan-lawannya yang berhasil di pukul KO, dan terakhir beliau berhasil memukul beduk takbiran dari magrib sampai pagi hari... beri tepuk tangan untuk legenda tinju kita ”ALIAS PICAL”

BOPAK memperagakan tekhnik bertinjunya.

MUDI

Dan Legenda yang satu ini punya tekhnik ilmu beladiri yang sangat mengagumkan dan sudah malang melintang di dunia persilatan maupun di dunia dalam berita... berikan tepuk tangan untuk Legenda Ular Putih

BTW memperagakan jurus-jurus silatnya

FADIL dan BOPAK protes Legenda Ular Putih bukan cabang olah raga, JAIMpun membatalkan Legenda ular putih sebagai peserta kuis.

JAIM

Baik untuk mempersingkat waktu langsung saja kita mulai babak pertama tebak group band ”BEARDU DALAM MELODI”

MUDI menyanyikan penggalan lagu Pas Band, BOPAK menjawab tapi salah, lalu JAIM melempar ke FADIL, FADIL yang gak tau bilang PAS dan JAIM membetulkan jawaban FADIL.

MUDI menyanyikan lagu Hello Band, lagi-lagi BOPAK menjawab dengan salah, lalu JAIM melempar ke FADIL, saat itu HP FADIL berbunyi lalu menjawab telpon HELLO, JAIMpun membetulkan jawaban FADIL. BOPAK protes sebab FADIL bukan mau menjawab tapi mau mengangkat telpon, tapi JAIM tidak menggubris protes BOPAK malah minta BOPAK untuk sportif.

JAIM

Baik kedudukan untuk sementara 200 untuk FADIL dan kosong untuk BOPAK, baik selanjutnya kita masuk babak ke dua teruskan lirik selanjutnya BERADU DALAM MELODI

MUDI

Aku...

BOPAK

Aku adalah lelaki yang tak pernah lelah mencari wanita...

JAIM

Salah...

FADIL

Aku seorang kapiten, mempunyai pedang panjang...

JAIM

Iya betul...

FADIL akhirnya berhasil menebak semua lagu dan berhasil keluar sebagai pemenangnya. Setelah piala diterima MUDI memberikan selamat, FADIL kemudian mengucapkan terima kasih pada MUDI yang sudah memberikan soal-soal kuis, sehingga dia bisa memenangkan acara tersebut. JAIM yang tau kalau FADIL gak sportif lalu membatalkan pemenangnya. Dan memberikan pialanya ke BOPAK.

ENDING

BOPAKpun senang menerima piala tersebut, lalu loncat-loncat kegirangan, saat itu pialanya jatuh sampai hancur.

SEGMENT 3 (durasi 6 menit)

JUDUL : PILKATE

LOKASI : HALAMAN RUMAH

PEMAIN :

BOPAK sebagai Calon RT

FADIL sebagai Calon RT

JAIM sebagai Pak Lurah

BTW 1 sebagai istri FADIL

BTW 2 sebagai saksi

GIMMICK 3 :

Pak JK dan Gus Pur sedang sibuk memasang patok di sebidang tanah yang sama yang akan di beli oleh seorang investor untuk di buat mall, keduanya nampak ribut karena merasa sebagai pemilik tanah yang sah. Tiap kali Gus Pur pasang patok selalu di cabut sama JK, demikian sebaliknya.

GUS PUR

Gak bisa pak JK ini tuh tanah saya, saya itu ahli waris yang sah sebagai pemilik tanah ini.

JK

Enak aja, ini tuh tanah saya Gus... anda itu bukan ahli waris Gus, tapi ahli neraka...

GUS PUR

Pak JK kalo ngomong jangan sembarangan ya, jelas-jelas saya sebagai ahli waris yang sah, saya yang punya sertifikat tanah ini, nih liat [sambil menunjukan sertifikat yang di bawa]

JK

[mengambil lalu membacanya] apaan ini, ini sih sertifikat kursus menjahit... saya nih yang punya sertifikat yang sah [memberikan sertifikat yang di bawanya]

GUS PUR

[gantian ngambil dan baca] Apaan ini, ini sih sertifikat kursus masak-memasak

Selagi keduanya ribut, datang Pak Habudi seorang investor yang akan membeli tanah tersebut untuk di jadikan Mall. Pak JK dan Gus Pur saling mengaku kalau itu tanah meraka, hal ini membuat Habudi bingung, tapi Habudi malah jadi objek rebutan Pak JK dan Gus Pur.

HABUDI

Bagaimana bapak-bapak jadi mau jual tanahnya sama saya, kebetulan saya sudah bawa uangnya mulai dari dollar amerika, dollar australia sampai dollar citayem ada..

GUS PUR

Wah kalau gini sih, mending gak jadi jual tanahnya

JK

Kenapa Gus

GUS PUR

Iya kalau di bayarnya pake dollar amerika atau dollar australia kita bisa kaya, lah kalau di bayarnya pake dollar citayem, yang ada bukannya kaya tapi gila..

Gus Pur dan Pak JK telpon pengacaranya masing-masing, Bu Megawangi datang, Gus Pur mengenalkan bu mega sebagai pengacaranya. Pak JK bilang kalau Bu Mega pengacara dia, Bu Mega jelasin kalau dia pengacara JK dan Gus Pur

BU MEGA

Hallo.. iya Pak JK saya sudah sampai, [pegang Hp satunya lagi] Iya Gus Pur saya juga sudah sampai..

JK

Nah.. ini pengacara saya

GUS PUR

Enak aja ini tuh pengacara saya

BU MEGA

Udah enggak usah ribut, saya ini pengacara kalian berdua, istilahnya pengacara poliandri alias satu pengacara dua klient

HABUDI

Jadi bagaimana ini status tanah, siapa pemiliknya yang sah

BU MEGA

Keputusan sementara dari pengadilan tanah ini masih dinyatakan SENGKETA dan tidak bisa dijual belikan.

JK dan Gus Pur Masih ribut gak terima, Habudi menasehati agar mereka sportif menunggu keputsan final pengadilan....

SINOPSIS :

Pak Lurah mendiskualifikasi kemenangan BOPAK dalam pemilihan ketua RT dan menetapkan FADIL sebagai pemenangnya, karena BOPAK disinyalir melakukan money politik, setelah di selidiki ternyata uang yang di terima warga berasal dari FADIL. JAIMpun mencopot kembali jabatan FADIL karena terbukti FADIL tidak sportif.

FADIL, BOPAK DAN JAIM ONSTAGE

FADIL minta JAIM segera melantik dia sebagai ketua RT yang baru, sementara BOPAK minta JAIM menunda pelantikan ketua RT yang baru.

FADIL

Pokoknya bapak harus segera melantik saya sebagai ketua RT yang baru

BOPAK

Gak bisa pak, saya minta bapak menuda pelantikan ketua RT yang baru

BOPAKpun protes sama JAIM yang telah membatalkan kemenangannya sebagai ketua RT, JAIM menjelaskan alasannya karena BOPAK gak sportif, yakni melakukan money politik. BOPAK berkelit gak mengakuinya.

BOPAK

Kenapa bapak membatalkan kemenangan saya sebagai ketua RT

JAIM

Anda gimana sih, anda itu sudah terbukti melakukan money politik dalam pemilihan ketua RT ini

FADIL ikut ngompor-ngomporin JAIM, hal ini membuat BOPAK tambah kesel.

BOPAK

Pak gak mungkin saya melakukan money politik, saya makan aja masih pake nasi aking pak, walaupun lauknya spaghetty

FADIL menyakinkan bilang kalau dia punya saksi yang menerima uang sogokan dari BOPAK. BOPAK minta saksi tersebut di hadirkan. FADIL lalu memanggil BTW 2

BTW 2 INFRAME, memberikan kesaksian kalau dia menerima amplop yang berisi uang.

JAIM

Bebar kamu mendapatkan uang sogokan

BTW 2

Bukan uang sogokan pak, uang amplop. Kalo uang sogokan ngasihnya pake bambu dong pak

BOPAK yang gak merasa melakukan money politik tetap menolak tuduhan tersebut. Tapi JAIM tetap tidak menggubris protes BOPAK.

BTW 1 INFRAME, mau menyaksikan pelantikan FADIL suaminya yang akan dilantik sebagai ketua RT yang baru,

BTW 1

[memeluk JAIM] aduh papih akhirnya kamu jadi juga ketua RT

FADIL

[keki] eh yang laki lu tuh gua, bukan dia kenapa meluknya ke dia

JAIM

Ya bagi-bagi rezeki dikit ngapa DIL...

Melihat kedatangan BTW 1, BTW bilang kalau dia mendapat amplop uang dari BTW 2.

BTW 1

Nah... ini dia orangnya yang bagi-bagiin ampop uang

JAIM yang tau kalau BTW 1 itu istrinya FADIL langsung membatalkan pelantikan FADIL sebagai ketua RT baru, sebab ternyata FADIL lah yang melakukan money politik.

ENDING

JAIMpun memecat FADIL dan mengangkat BOPAK sebagai ketua RT baru, BTW 1 yang tau FADIL gagal jadi ketua RT pingsan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar