Selasa, 15 Maret 2011

CONTOH NASKAH NGERUJAK JAKTV

SCRIPT

NGERUJAK

OPERASI YUSTISI

SHOOTING I, KAMIS 2 SEPTEMBER 2010

MAIN TALENT

1. DAUS SEPARO : DAUS

(Pemilik Mini Market, Betawi, Sok Tau, Sok Inggris,)

2. MESTY : MESTY

(Istri Daus, betawi, pinter, up to date, bawel, pekerja keras)

3. MELON : MELON

(ngeyel, selalu konflik sama Daus, selalu di belain MESTY)

4. JABRIK : JABRIK

(anak tongkrongan, suka ngegosip, ngadalin MELON)

5. DEDDY : DEDDY

(Sesepuh kampung)

6. RAGIL : RAGIL

(Warga)

7. SUPER EMAK : SUPER EMAK

(Pendatang baru)

8. DION : DION

(Pendatang baru)

SINOPSIS :

SUPER EMAK ngiri dengan kesuksesan RAGIL di Jakarta, makanya selepas lebaran dia menyusul RAGIL ke Jakarta untuk cari kerja supaya sukses seperti RAGIL, tapi bukannya pekerjaan yang di dapat malah terjaring operasi yustisi dan di kembalikan kekampung halamannya.

SEGMEN 1

SET : HALAMAN RUMAH

CAST : DAUS, SUPER EMAK, MESTY, RAGIL


Onstage : DAUS DAN SUPER EMAK

MASUK ADEGAN, SUPER EMAK yang baru tiba di Jakarta mencari-cari alamat rumah STEVEN, DAUS bilang kalau di kampungnya gak ada yang namanya STEVEN, dulu pernah ada tapi sekarang udah meninggal, dia bilang kalau SUPER EMAK salah alamat, SUPER EMAK bersikeras kalau alamat yang di berikan gak salah.

RAGIL INFRAME, melihat kedatangan RAGIL, SUPER EMAK langsung mengenalinya, DAUS bilang kalau orang yang di maksud SUPER EMAK namanya bukan STEVEN tapi RAGIL. SUPER EMAK ngadu keragil kata DAUS dia sudah meninggal. RAGIL kesal di bilang sudah meninggal.

MESTY INFRAME, melihat kedatangan MESTY, SUPER EMAK langsung memuji kecantikannya, dan memberikan oleh-oleh yang di bawanya pada MESTY, MESTYpun menerimanya dengan senang hati, SUPER EMAK gak nyangka RAGIL punya istri cantik, bahkan dia komplain RAGIL nikah gak ngundang-ngundang. MESTY heran di bilang istrinya RAGIL, dia lalu jelasin bukan istrinya RAGIL, tapi istrinya DAUS.

PUNCH LINE

Mengetahui hal itu SUPER EMAK mau mengambil lagi barang-barangnya, tapi gak di kasih, terjadi tarik-tarikan barang.

SEGMEN 2

SET : DEPAN BAND

CAST : DEDDY, MELON, DION, JABRIK, MESTY


Onstage : DEDDY DAN MELON

MASUK ADEGAN, Selama liburan lebaran, MELON kerja sampingan jadi anak buah DEDDY. DEDDY menginstruksikan MELON melakukan operasi yustisi, tapi dia kesal sebab yang di tangkap MELON malah istrinya sendiri, MELON bilang kali ini dia gak akan salah nangkap orang, DEDDY minta MELON membawanya.

DION FRAME, DEDDY langsung menyuruh DION pulang ke kampungnya karena kota Jakarta gak cocok buat DION apalagi dia gak punya keahlian, DION bilang kalau dia punya keahlian nyanyi, MELON ngetes DION nyanyi, setelah itu DEDDY tetap minta DION pulang, sebab DION pasti akan jadi pengamen jalanan. MELON DAN DION OUTFRAME.

JABRIK DAN MESTY INFRAME, JABRIK membawa MESTY yang berhasil di tangkapnya dalam operasi yustisi, MESTY kesal di tangkap sebab dia penduduk asli Jakarta, JABRIK minta DEDDY gak percaya omongan MESTY karena itu hanya akal-akalan supaya di bebaskan. DEDDY lalu minta MESTY menunjukan identitas diri.

PUNCH LINE

MESTY lalu menunjukan KTPnya yang asli Jakarta, DEDDYpun marahin JABRIK salah tangkap orang.

SEGMEN 3

SET : HALAMAN RUMAH

CAST : DAUS, RAGIL, MESTY, SUPER EMAK, JABRIK


Onstage : RAGIL DAN SUPER EMAK

MASUK ADEGAN, SUPER EMAK menagih janji RAGIL yang menjanjikan dia pekerjaan di Jakarta, RAGIL minta SUPER EMAK bersabar sebab belum ada posisi yang cocok untuk SUPER EMAK, SUPER EMAK mengeluh sudah keluar uang banyak. RAGIL bilang uang itu akan kembali kalau SUPER EMAK sudah dapat kerjaan.

MESTY INFRAME, dia Nampak terlihat kesal, RAGIL menanyakan masalahnya, MESTY jelasin kalau dia terkena operasi yustisi, padahal dia punya KTP Jakarta, mendengar hal tersebut SUPER EMAK jadi ketakutan terjaring operasi yustisi, apalagi MESTY ikutan ngomporin kalau SUPER EMAK pasti akan terjaring operasi yustisi. MESTY OUTFRAME.

JABRIK INFRAME, mau melakukan razia KTP, RAGIL minta SUPER EMAK mengaku sebagai pemilik mini market, JABRIK minta semuanya menunjukan identitas diri, RAGIL bisa menunjukan KTPnya, saat memeriksa SUPER EMAK, SUPER EMAK bilang kalau dia pemilik mini market, KTPnya ada di dalam rumah. JABRIK percaya.

DAUS INFRAME, RAGIL langsung menunjuk DAUS sebagai pendatang baru, JABRIK lalu menggeledah DAUS dan menanyakan identitasnya, DAUS mengaku sebagai pemilik mini market dan KTPnya ada di rumah. JABRIK gak percaya alasan DAUS lalu membawanya kekantor.

PUNCH LINE

DAUS meronta-ronta menolak di tangkap, JABRIK membawa paksa.

SEGMEN 4

SET : DEPAN BAND

CAST : DEDDY, DAUS, MELON, JABRIK, DION


Onstage : DEDDY DAN DION

MASUK ADEGAN, DION sedang merayu DEDDY agar diizinkan tinggal di Jakarta, sebab dia sudah janji sama orang tuanya akan balik kekampung kalau udah sukses jadi orang, DEDDY gak terpengaruh bujuk rayu DION tetap menyuruhnya pulang kampong. DION menyerah akhirnya bersedia pulang kampong tapi minta ongkos pulang, DEDDY gak kasih malah mengusirnya. DION OUTFRAME

JABRIK DAN DAUS INFRAME, JABRIK membawa DAUS yang berhasil di tangkapnya dalam operasi yustisi, DAUS kesal terjaring operasi yustisi sebab dia penduduk asli jakarta, DEDDY minta DAUS menunjukan identitas dirinya, CEPOT bilang kalau KTPnya di rumah. DEDDY menuduh CEPOT berbohong, dia tetap gak percaya kalau CEPOT penduduk asli Jakarta.

MELON INFRAME, kaget melihat DAUS di tangkap, dia bilang sama DEDDY kalau DAUS itu abangnya, DEDDY gak percaya dia malah menuduh MELON udah di sogok DAUS untuk ngaku-ngaku saudara biar DAUS di bebaskan. MELON bilang kalau DAUS benar-benar abang iparnya.

PUNCH LINE

MELON menunjukan fotonya bersama DAUS.

SEGMEN 5

SET : MINI MARKET

CAST : RAGIL, SUPER EMAK, DAUS, DEDDY, MELON


Onstage : RAGIL DAN SUPER EMAK

MASUK ADEGAN, RAGIL dan SUPER EMAK senang berhasil membohongi aparat, RAGIL bilang sama SUPER EMAK kalau mulai minggu depan dia sudah mulai bisa bekerja di kantornya, SUPER EMAK senang akhirnya bisa kerja juga, bahkan gaji pertamanya di janjikan akan di berikan ke RAGIL.

DAUS INFRAME, DAUS langsung memarahi SUPER EMAK yang mengaku-ngaku sebagai pemilik minimarket, sehingga dia yang jadi sasaran penangkapan operasi yustisi. SUPER EMAK gak mau di salahkan dia bilang yang menyuruh RAGIL, RAGIL malah menyalahkan DAUS gak bawa identitas.

DEDDY DAN MELON INFRAME, DAUS langsung memberitahu DEDDY dan MELON kalau SUPER EMAKlah penduduk gelapnya, DEDDYpun langsung menyuruh MELON melakukan penangkapan. SUPER EMAK masih mau mengelak, dengan berpura-pura KTPnya ada di kontrakan, padahal mau kabur.

PUNCH LINE

Saat SUPER EMAK mau kabur DEDDY menjegalnya, sehingga SUPER EMAK jatuh dan berhasil di tangkap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar