Selasa, 15 Maret 2011

CONTOH NASKAH SITKOM TIGA BUJANG TVRI

OPENING TEASE

01. INT. – RUANG TENGAH. PAGI H1

Reza pinjam duit pada Fajar, tapi Fajar enggak ngasih, malah Fajar nyuruh pinjam uang sama Farid, Reza akhirnya pinjam uang pada Farid, Farid bilang uangnya baru aja dipinjam Fajar

Reza : Wah… ganteng baget lu Jar hari ini

Fajar : Jangan menghina, gua tau elu kalo ngomong begitu pasti

ada maunya

Reza : Siapa bilang gua ada maunya, orang gua Cuma liat

kenyataan, elu tuh hari ini ganteng, tapi elu punya duit ga ?

Fajar : Tuhkan gua bilang juga apa ? (☻)

Reza berkelit bahwa dia Cuma Tanya

Reza : Gua kan Cuma Tanya, elu punya duit ga ?

Fajar : Kalo ada emang kenapa ?

Reza : Ya… gua pinjem (☻)

Fajar bilang selama hidup enggak pernah pinjem duit

Fajar : Dalam kamus hidup gua, walaupun gua susah gua enggak

bakalan pinjem-pinjem duit, malu tau…

Reza : Eh… jangankan gua, pemerintah aja hidupnya dari

pinjaman luar negeri (☻) lagian siapa yang susah, gua

Cuma enggak punya duit (☻)

Fajar bilang uangnya sudah di anggarkan ke beberapa pos anggaran

Fajar : Sorry… uang gua udah gua pos posin ke anggarannya

masing-masing

Reza : Ngapain mesti lewat pos, kan sekarang bisa transfer lewat

ATM (☻)

Fajar : Maksud gua, uang gua udah gua budget semuanya untuk

keperluan gua, lu pinjem aja sana sama Farid

Farid keluar dari kamar, sudah berpakaian rapi mau berangkat kekantor

Reza : Wah… hari ini ganteng banget lu…

Farid : Gua tau itukan kata kata elu kalau mau pinjem duit (☻)

Reza : Tau aja lu…

Farid : Gua udah sering denger elu pinjem duit sama gua, tapi gua

belum pernah denger kalo elu mau bayar utang sama gua

(☻)

Reza janji mau bayar utang – utangnya pada Farid

Reza : Iya… nanti gua bayar semua utang-utang gua

Farid : Kapan ?

Farid : Nanti kalau gua dapet pinjeman lebih besar dari utang-

Utang gua sama elu (☻)

Reza tetap mau pinjam duit dari Farid

Reza : Jadi elu enggak mau ngasih pinjem nich

Farid : Bukannya enggak mau

Reza : Terus kenapa ?

Farid : Duit gua udah dipinjem Fajar (☻)

Reza menoleh kearah Fajar, sedangkan Fajar membuang muka (☻)

02. EXT. HALAMAN DEPAN. SIANG H1

Asti baru pulang belanja naik ojek, mau bayar pake credit card,

Asti : Berapa Bang ?

Ojek : Lima Ribu Neng.

Asti : Nih bang…

Ojek : Uang baru ya Neng …(☻)

Asti : Bukan ini namanya kartu Kredit

Tukang ojeknya enggak mau, karena selain enggak ngerti credit card, juga enggak tau cara pemakaiannya.

Ojek : Saya mah enggak bisa dibodohin Neng, kartu mana laku,

yang laku tuh duit Neng (☻)

Asti : Zaman modern bang… apa-apa serba instant

Ojek : Setahu saya mah yang Instant itu Mie, Mie Instant (☻)

ACT 1

03. INT – RUMAH TETANGGA, SIANG H1

Asti sedang mengecek belanjaan yang dibelinya, dia heran begitu melihat barang yang tidak dibelinya tapi terbawa

Asti : Perasaan gua enggak beli CD, CD siapa ya?, tuh kan

enggak pas (☻) bukan punya gua nih, tapi punya siapa ya

? Biarin dech lumayan buat nemenin tidur (☻)

Asti menghitung hitung sisa limit credit cardnya

Asti : Hari ini belanja abis satu juta empat ratus lima puluh ribu,

sisa limit masih lima puluh ribu, lumayan berarti besok masih

bisa belanja lagi, siapa tau dapet CD lagi (☻)

04. EXT – POS HANSIP, SIANG H1

Hansip menanyakan baju yang dikenakan pak Rw,. Hansip minta dikasih tau dimana bisa kredit.

Hansip : Bajunya bagus Pak RW, beli dimana ?

Pak RW : Oh… ini enggak beli

Hansip : Berati ada yang ngasih ya ? Biasa Pak RW kan pake

baju bagus kalau ada yang ngasih (☻)

Pak RW bilang sekarang mau dapat barang, barang bagus gampang tinggal kredit aja

Pak RW : Enak aja, ini baju bukan pemberian orang, tapi dari

Kredit, sekarang ini kalau kita kepingin punya apa-

apa gampang tinggal kredit

Hansip : Wah… saya mau tuh Pak RW di kreditin

Pak RW : Jangan nanti kamu enggak bayar (☻)

Cewek cantik dating menanyakan alamat rumah Asti. Pak RW dan hansip memberitahu rumah Asti

Cewek : Permisi, numpang Tanya

Pak RW menyuruh hansip hasan untuk dibelakangnya

Pak RW : Seperti biasanya, urusan Wanita saya yang tangani

(☻)

Hansip : Siap… seperti biasanya saya selalu kebagian sisa, tapi

Ngomong-ngomong yang ini bisa kredit enggak (☻)

Pak RW : Syut… ngawur kamu

Pak RW berusaha genit didepan Cewek tersebut

Pak RW : Ada yang bisa saya Bantu ?

Cewek : Begini pak

Pak RW : Ah… jangan panggil bapak, panggil saja AA (☻)

Hansip Hasan dari belakang Pak RW meledek memberi tahu wanita cantik tersebut dengan gerakan tangan, kalau pak RW gila, (☻) cewek tersebut senyum-senyum

Cewek : Begini pak… saya sedang cari alamat ini, namanya

Asti, apa bapak tau ?

Pak RW : Oh… kamu saudaranya Asti

Cewek : Bukan Pak, saya temannya

Pak RW : Pantas tidak mirip (☻)

Cewek tersebut menegaskan lagi pada pak Rw apakah dia tau rumah Asti

Cewek : Jadi Bapak tau rumah Arti

Pak RW : Sebagai Ruku Warga berprestasi, mana mungkin saya

enggak tau rumah warga saya, Hansip tolong kasih

tau rumah Asti (☻)

Hansip : Siap Pak Rw, kamu dari sini lurus, belok kanan dua

Rumah dari tikungan itu rumahnya

Cewek tersebut permisi, Hansip Hasan kembali menanyakan Kredit barang-barang, Pak RW tidak mau memberi tahu

Hansip : Pak RW Gimana pak, saya mau kredit nich

Pak RW : Wah… kalau soal ini saya tidak bisa memberi tahu,

lebih baik sekarang kita ke kantor kelurahan Pak Lurah

pasti sudah menunggu kita

Hansip Hasan dan Pak RW pergi, Pak RW mengambil Map yang disenderkan di Pos Hansip, begitu Map diangkat, tertera tulisan “DAPATKAN KREDIT MURAH, HARGA TERJANGKAU” HUBUNGI 021-55792791 dengan NDUT (☻)

05. INT – RUANG TENGAH, SIANG H1

Farid sedang menonton TV yang kebetulan beritanya mengenai Bank-Bank yang bermasalah karena Kredit Macet, Fajar dari kamar meledek Farid.

Fajar : Nonton apaan sih lo…

Farid : Ini Kredit Macet…

Fajar : Indonesia… enggak Jalanan, enggak kredit semua Macet…

Sampai-sampai sumbangan untuk korban bencana juga

Macet (☻)

Farid : Bukan Cuma macet Jar… bahkan ada yang enggak

sampe, alias di korupsi (☻)

Melihat Farid dan Fajar terlihat serius, Reza dating dan mencoba ikut nimbrung tapi malah di olok-olok Fajar

Reza : Lagi ngomongin apaan sih serius amat

Fajar : Kalau gua kasih tau juga elu enggak bakal ngerti (☻)

Reza : Eh… gini-gini juga gua mahasiswa

Fajar : Mahasiswa sih mahasiswa, tapi kalau lagi ujian kan nyontek

(☻)

Reza : Ya elu Jar… jangan bongkar rahasia orang dong (☻)

ACT. 2

06. INT. RUMAH TETANGGA, SIANG H1

Belum lagi Asti membereskan barang-barang belanjaannya dating Cewek cantik, menawarkan beberapa aplikasi credit card dari beberapa Bank.

Cewek : Assalamualaikum ?

Asti : Waalaikum salam, eh… elo kok tau rumah gue sih

Cewek : Ya tau dong… kalau enggak tau enggak bakal

sampe disini (☻) Eh… gimana aplikasinya temen-

temen lo ada yang mau bikin Credit Card ga ?

Asti : Belom… temen gue disini enggak gaul, jadi enggak

Tau Credit Card, maklum dari kampong (☻)

Cewek : Eh… enggak apa-apa yang penting kan kita dapat

Komisinya

Asti : Bener juga ya.. kalau gitu kita ketempat tetangga

gua aja Yuk

Asti bergegas keluar sementara Cewek cantik tersebut, masih belum hilang capeknya

Cewek : Tapi… gue enggak dikasih minum dulu nich (☻)

Asti : Udah entar aja, gua juga biasa minta minum disana

(☻)

07. INT – RUANG TENGAH, SIANG H2

Reza lagi ngelamun kepingin beli sepatu baru tapi enggak punya uang, Farid dating menegur Reza.

Farid : Za… elu lagi ngelamunin apaan sih cewek ?

Reza : Bukan…

Farid : Terus ngelamunin apaan ?

Reza : Gue pengen beli sepatu baru, tadi gua liat di Mall, tapi

Harganya Mahal

Farid : Makannya kalau enggak punya duit jangan pergi-pergi ke

Mall, untung elu tahan, kalau enggak tahan bisa khilaf (☻)

Reza : Emang gue maling (☻)

Asti dan Cewek cantik dating

Asti : Nah… kebetulan kalian ada disini

Lihat cewek cantik Reza buru buru bangun

Reza : Pasti mau dikenalin sama gue kan ? (☻)

Asti : Kok tau sih…

Reza : Feeling aja, namanya juga Jodoh (☻)

Cewek cantik bingung denger ucapan Reza, Farid juga diam aja karena sudah tau kelakuan Reza, Cewek cantik melirik Asti

Asti : Maklum orang kampung (☻)

Cewek Cantik baru mengerti, Asti memperkenalkan temannya dan mengutarakan niatnya.

Asti : Kenalin ini teman gue, kita berdua mau nawarin kalian

untuk bikin Credit Card

Reza : Buat apaan Credit Card ?

Asti : Buat apa aja bisa, beli baju, beli celana, sepatu, perhiasan,

Apalagi teraktir gue makan, juga bisa (☻)

Reza mikir - mikir, karena memang dia kepingin beli sepatu, sementara cewek cantik menawarkan aplikasi pada Farid.

Cewek : Mas bikin ya ?

Farid rada gemeteran dideketin cewek cantik, karena memang dia agak sedikit kuper kalau soal cewek.

Farid : Bo… bo… bo… boleh, tapi saya buat apa ?

Cewek: Enggak usah grogi gitu dong Mas… (☻)

Asti : Iya nich… Mas kan Manager masak enggak punya Credit

Card

Farid : Saya belum butuh

Cewek: Nanti pasti butuh, karena sewaktu waktu Mas butuh uang,

Mas bisa pake Credit Card, jadi enggak pinjam-pinjam

sama teman

Farid : Sepertinya saya enggak pernah pinjam-pinjam sama

teman, tapi kalau sama kakak sering (☻)

08. EXT – POS HANSIP, SIANG H2

Hansip Hasan memakai jam baru, Pak RW Heran

Pak RW : Jam kamu baru, kamu mencuri ya ? (☻)

Hansip : Pak Rw enak aja kalau ngomong, saya sekarang

sudah tau dimana tempat Kredit barang-barang

Pak RW : Tau dari mana kamu ?

Hansip Hasan mengeluarkan Brosur yang disobeknya dari Pos Hansip,

Hansip : Ini brosurnya…

Pak RW menoleh kea rah Pos Hansip, Brosur tersebut sudah hilang

Pak RW : Wah… kamu sobek dari sana ya ? (☻)

Hansip : Pak RW dapat salam dari yang punya Toko !

Pak RW : Salam apa ?

Hansip : Katanya Pak RW udah dua bulan nunggak bayar (☻)

Pak RW menyuruh Hansip untuk tidak keras-keras bicaranaya

Pak RW : Sutt… jangan keras-keras nanti kedengaran orang,

Bisa malu saya, nanti muka saya mau ditaro dimana ?

Hansip : Ya di depan pak RW masa di belakang, emang Pak

RW Setan (☻)

ACT 3

09. INT – RUANG TENGAH, H2

Reza sedang berandai andai Aplikasi Credit Cardnya disetujui

Reza : Seandainya Credit Card gue jadi, gue mau beli sepatu,

terus gue mau traktir makan-makan cewek gue

Farid : Emang elu udah jadian sama Asti

Reza : Ye… emang cewek Cuma Asti doang (☻)

Farid menasehati Reza untuk hati-hati menggunakan Credit Card

Farid : Awas hati hati, jangan pake Credit Card, nanti enggak kuat

bayar dikejar kejar orang, baru tau rasa lo…

Reza : Semua udah gue pikirin, kalo gue enggak kuat bayar gue

kabur, bilang aja gue udah pindah dari rumah ini (☻)

Farid : Berarti elu ngerepotin orang banyak

Reza : Siapa yang ngerepotin orang banyak, gue Cuma

ngerepotin elu sama Fajar (☻)

Farid tidak bereaksi dia hanya menarik nafas mendengar ucapan RezaReza menanyakan kenapa Farid enggak bikin Credit Card

Reza : Elu enggak bikin credit Card

Farid : Belom perlu

Fajar keluar dari kamar, membawa aplikasi credit card

Fajar : Ngapain sih lu pada bikin Credit card

Farid : Enggak taut uh Reza, gue juga udah nasehatin

Fajar : Rid… nich punya lu... ketinggalan di kamar gue (☻)

Farid menoleh kearah Reza malu-malu mengambil aplikasi tersebut, sementara Reza tertawa kecil (☻)

10. EXT – POS HANSIP, SIANG H2

Debt Collector mencari cari rumah asti, Pak Rw ketakutan dikiranya orang suruhan dari toko tempat dia kredit barang

Debt : Permisi… saya bisa bertemu dengan Pak RW

Pak RW dan Hasan hansip saling liat liatan, Pak RW menjawab dengan gugup

Pak RW : Bisa… bisa eh… enggak… enggak

Debt : Loh… kenapa Pak, tadi bisa terus enggak, bisa

enggak ?

Pak RW : Bisa Dech… bisa, tapi saya boleh Tanya, ada

Keperluan apa cari pak RW (☻)

Debt : Mau nagih utang (☻)

Pak Rw buru buru kebelakan hansip hasan, dan menyuruh hansip hasan untuk menghadapi Debt Colector tersebut.

Debt : Saya dengar Pak RW sering ditempat ini apa benar ?

Hansip : Benar…

Debt : Kalau begitu siapa Pak RW ?

Pak RW dan Hansip hasan saling tunjuk (☻)

Debt : Loh… siapa yang benar

Pak RW dan hansip Hasan saling mengaku (☻)

Debt : Kalau enggak ada yang mau ngaku saya bawa ke kantor

polisi

Pak RW ketakutan

Pak RW : Jangan Pak, Jangan Saya yang Pak RW dia Hansip

(☻)

Debt : Nah gitu dong… saya Cuma butuh informasi apa

benar Saudara Asti tinggal di lingkungan Pak RW

Pak RW dan Hansip Hasan kembali saling lirik

Pak RW : Oh… itu, kenapa enggak bilang dari tadi

Debt : Kenapa Pak RW takut duluan (☻)

11. INT – RUMAH TETANGGA, SORE H3

Asti sedang mengintip-intip dari dalam rumahnya, ia takut ada orang yang dating mencari cari dia, begitu melihat rumah kost Farid, Reza, dan Fajar langsung tercetus ide

Asti : Gue ngumpet dimana ya ? Kalau di kolong tempat tidur

enggak mungkin, tempat tidur aja enggak punya (☻) Kalau

dirumah Pasti ketauan, ah… mending ngumpet disana aja

(☻)

Asti pelan pelan keluar dari rumahnya, lalu buru buru lari ke rumah kost an Farid, Reza, dan Fajar

12. INT – RUANG TENGAH, SIANG H3

Karena takutnya Asti masuk tanpa permisi dulu seperti biasanya, sambil matanya terus melirik keluar jendela

Reza : Woi… masuk enggak pake salam lagi

Asti : Maaf buru – buru.

Reza : Kenapa lu, kayak abis ngeliat setan, muka lu pucet banget

(☻)

Asti : Mana ada setan jam segini

Reza : Siapa bilang enggak ada, ada…

Fajar dating

Reza : Nah tu dia setannya (☻)

Fajar : Apaan nich… enak aja ngatain orang setan

Reza : Elu setan bukan ?

Fajar : Bukan !

Reza : Ya udah enggak usah marah (☻)

Farid dating

Farid : Ada apa sih, rebut terus !! Asti kenapa sakit

Asti : Enggak, gua lagi takut ada orang ngejar-ngejar gua,

dia bilang dia saying sama gua, tapi gua enggak suka

sama dia

Farid mencarikan solusinya

Farid : Oh gitu tenang… kalau orangnya dating bilang aja, gua

pacar lu (☻)

Asti : Bener nich…

Farid : bener !!

Asti : Terus kalau dia ngamuk – ngamuk

Farid : Biar Reza sama Fajar yang ngadepin (☻)

Fajar dan Reza kaget, mereka berdua menolaknya

Fajar : Enggak… enggak, gua enggak ikut campur

Reza : Gua juga enggak

Farid : Ya udah, bearti gua aja yang ngadepin (☻) Kalau

orangnya dating elu di dalem aja

CLOSSING TEASE

13. INT – HALAMAN RUMAH, SIANG H2

Pak RW dan Hasan Hansip menunjukan rumah Asti, tapi setelah diketuk ketuk tidak ada orangnya

Pak RW : Assalamualaikum, Asti… Asti ada yang cari…

Hansip : Orangnya enggak ada dirumah kali

Pak RW : Enggak apa-apa yang penting rumahnya ada (☻)

Debt : Pak RW saya bukan perlu rumahnya, saya perlu orangnya

(☻)

Pak Rw melihat kea rah rumah kostan

Pak RW : Sebentar mungkin kita bisa Tanya anak-anak kost,

barang kali mereka tau dimana Asti

Pak RW mengetuk-ngetuk rumah Kostan

Pak RW : Assalamualaikum

OS : Waalaikum salam

Farid keluar, sementara Reza dan Fajar mengikutinya dari belakang

Farid : Ada apa pak RW ?

Pak RW : Ini ada orang yang mencari Asti

Farid : Oh… ini orangnya, mentang mentang badannya

Besar Beraninya sama perempuan (☻) kalau berani

sama saya, Saya saudaranya Asti

Pak RW heran mendengar Farid saudaranya Asti

Pak RW : Oh… kamu saudaranya Asti, kok enggak bilang dari

Dulu

Farid : Memang kalau bilang kenapa ?

Pak RW : Ya saya kan bisa pendekatan melalui kamu (☻)

Debt collector tampak senang melihat Farid, walaupun Asti tidak ada tapi ada yang mewakili dari pihak keluarganya.

Debt : Kebetulan… walaupun saya tidak bertemu Asti, cukup

dengan kamu juga enggak apa apa. Kapan kamu

mau lunasi utang utangnya, kalau tidak akan saya

laporkan ke kantor polisi

Farid bengong mendengar utang

Farid : Utang… utang apa ?

Debt : Asti itu sudah dua bulan tidak bayar tunggakan Credit

Cardnya

Farid : Jadi bapak bukan orang gila yang ngejar ngejar dia

(☻)

Debt : Bukan… saya Debt collector

Farid memanggil Asti

Farid : Asti…. (☻)

Asti keluar dengan menutup mukanya (☻)

+++++++++++++++++++++++++++++++++++++

2 komentar:

  1. Malam bang ade bareto,
    Sy lg belajar pengen bikin video sitkom buat ditayangin saat acara 17an di RT, bolehkah sy ambil sepotong naskahnya?

    BalasHapus