Rabu, 02 Maret 2016

CONTOH FESTIVAL INDONESIA INDOSIAR

FESTIVAL INDONESIA

JUDUL     : TIMUN MAS
SYUTING   : 23 DESEMBER 2015

PEMAIN :
-   ABDEL              : NARATOR #1/TUKANG ES CENDOL/MC/PAK RT/KARANG TARUNA/USTADZ
-   TEMON              : NARATOR #2/ANAK BUAH RAKSASA/PASIEN
-   DEWI GITA          : MBOK SARNI
-   UCOK BABA          : RAKSASA
-   VEGA DARWANTI      : TIMUN EMAS
-   GILANG DIRGA       : ASISTEN MBOK SARNI/TIMUN MAS
-   MOSIDIK            : PASIEN/PETAPA
-   ARIF DIDU          : PASIEN/TAWANAN/KOKI/ASISTEN PETAPA
-   VICKY NITINEGORO   : WARGA/SILUMAN NYAMUK
-   EXTRAS [DANCER]    : POHON/WARGA

ABDEL DAN TEMON MENGANTAR CERITA Intro lagu ”PINTU SORGA”-by GIGI BAND  :
Kisah ini ceritanya, anaknya Embok Sarni, namanya timun suri, raksasa yang memberi
Tapi saat timun suri, sudah tidak kecil lagi, raksasa datang lagi, meminta timun suri

Apakah yang kan terjadi, kepada timun suri, tetap tonton disini, di indosiar lagi”

SEGMENT 1 – HUTAN
CAST : MBOK SARNI, PENCARI KAYU, TUKANG ES CENDOL, TUKANG BAKSO, RAKSASA (TEMON dan UCOK BABA)

NOTE : di dalam set ada sebuah pohon besar (human prop), ada pohon besar dengan tulisan DILARANG PIPIS dan di balik pohon ada urinoar. Di pohon juga ada sangkar burung tapi ternyata isinya piring, sendok, dll.

DEWI GITA DAN GILANG ONSET à gilang mendatangi mbok sarni berniat untuk membantu keperluan mbok sarni. Gilang menanyakan apa kebutuhan mbok sarni, dengan lugu mbok sarni menjawab membutuhkan kayu bakar. Melihat ada pohon di dekatnya, gilang lalu menebang pohon itu menggunakan kampak, ketika hendak di tebang si pohon malah berpindah-pindah tempat. gilang kesal dan berniat mencabut pohon itu. Ketika hendak di cabut si poon itu malah lari. Pohon OUTFRAME
Tidak berapa lama gilang berhasil mendapatkan kayu bakar dan memberikan kayu bakar itu kepada mbok sarni, mbok sarni yang  lugu senang, namun ketika gilang menyimpan kayu bakar itu, gilang melihat ternyata mbok sarni sudah memiliki kompor, Gas LPG 3kg [Styrofoam].
Gilang kesal sudah cape-cape cariin kau bakar, Gilang lalu merayu, dia menyatakan perasaannya kalau dia itu sebenarnya menaruh hati kepada mbok sarni. Gilang bilang “emang gak kesepian nih udah lama sedirian?”

ABDEL INFRAME à membawa gerobak es cendol sebagai tukang es cendol memberikan satu gelas es cendol untuk mbok sarni. Melihat itu gilang cemburu! Gilang ngusir tukang es cendol itu dan bilang akan membayar es cendol yang di berikannya kepada mbok sarni. Tukang es lalu meminta gelas-gelas nya di kembalikan, mbok sarni membawa gelas-gelasnya yang ternyata ada banyak, tukang es cendol lalu meminta gilang untuk membayar semuanya. Lagi-lagi gilang kesal karena dia tidak tahu kalau yang harus di bayar itu bukan satu gelas tapi banyak. Abdel dan gilang akhirnya saingan mendapatkan perhatian mbok sarni. Mbok sarni ingin mereka menunjukan keahlian mereka. Gilang menunjukan kebolehannya menirukan suara-suara artis dengan menyanyikan lagu-lagu yang romantis (andika kangen band, ryan dmasive, armand gigi). Mbok sarni bilang apa keahlian abdel, Abdel bilang dia ahli menghilangkan uang, gilang gak percaya minta buktiin, gilang memberikan uang ke abdel untuk di hilangkan. Ternyata di hilangkannya dengan cara di berikan ke dewi gita. Abdel lalu menunjukan keahlian sulapnya :
-   Sulap menggoyangkan jari dengan cepat, abdel suruh gilang menebak jumlah jari yang di goyangkannya, namun gilang selalu salah karena abdel selalu merubah jumlah jari yang di goyangkanya.
-   Abdel minta gilang bermain “tebak barang” yaitu menyembunyikan batu di kepalan tangan. Gilang menyembunyikan kedua tangan di belakang badannya, gilang meminta abdel untuk menebaknnya “kiri / kanan”, abdel meminta gilang memperlihatkan tangan kirinya, pas di lihat kosong, abdel lalu bilang berarti barangnya di tangan kanan. gilang meminta abdel gantian menebak, gilang meniru cara menebak abdel, namun abdel curang karena dia menyembunyikan baranganya di saku celana.

Mbok sarni cerita kalau dia itu ingin punya anak. Gilang menanyakan kriteria anak yang di inginkan, mbok sari bilang lucu, putih, pinter, gilang menyanggupi untuk mencarikan anak untuk mbok sarni. Gilang OUTFRAME
Abdel menyarankan mbok sarni untuk menikah dengannya, di jamin langsung punya anak dan bergaransi. Abdel jelek-jelekin gilang kalau gilang itu type cowok playboy dll.

GILANG INFRAME à gilang datang memakai baju anak kecil. (mbok sarni request anaknya itu harus mirip shinchan, ada tompel dll) mbok sarni sebenernya suka, tapi abdell bilang kalo anak cowok biasanya repotin. akhirnya mbok sarni gak gak jadi milih gilang dan meminta anak perempuan. Karena kesal usahanya gagal gilang pun pergi. Gilang OUTFRAME.

TEMON DAN UCOK INFRAME à Temon menggendong Ucok memakai satu buah jubah atau baju besar, nampak terlihat kepalanya ucok baba berbadan temon. mereka memakai kostum raksasa. karena haus abdel menawarkana cendol yang di jualnya. Ucok kesulitan untuk meminum cendol itu karena tangan temon mengarahkan cendolnya kemana saja.tiba-tiba ucok kentut, temon tidak kuat karena bau, akhirnya mereka terbongkar kalau mereka itu raksasa palsu.
Mereka cerita kalau mereka kembar sial, makanan dalem kandungan abis sama mosidik jadi sama temon yang gede.
Ketika berbicara, temon selalu menjadi echo (suara bayangan) ucok baba, namun tidak kompak dan selalu gagal.

ENDING : kedua raksasa itu sedang mencari anak untuk di santap, mbok sarni malah sedih karena dia malah ingi punya anak. Merasa iba raksasa dan memberikan biji ketimun raksasa bilang harus di tanam di pot dan tanah yang khusus, ternyata raksasa jualan tanah dan pot) yang kalau tumbuh akan menjadi seorang manusia. Mereke membuat perjanjian kalau anak itu sudah berumur 17 tahun, raksasa akan kembali datang untuk menyantapnya.

SEGMENT 2 – TERAS RUMAH ( PAGI HARI )
CAST : DEWI GITA, VEGA, GILANG, VICKY, MOSIDIK, ARIF DIDU, TEMON

ABDEL DAN TEMON MENGANTAR CERITA INTRO LAGU NAKAL by GIGI :
“Mbok sarni sedang menyi rami tana mannya timun suri.. suri.. suri..
Timun suri pun lahirkan perempuan paras cantik dan jelita.. jelita.. jelita

Ooh banyak pria-pria yang menggoda

DEWI GITA, VEGA DAN GILANG ONSET à Mbok sarni sedang menyirami biji mentimun yang di tanamnya, gilang menemani. gilang saranin biar cepet tumbuh buat kasih pupuk, yang bagus pupuk kandang. Gilang ambil pupuk kandan dan menaburkannya. setelah dua minggu, mentimun itu nampak berbuah sangat lebat dan ada salah satu mentimun yang cukup besar. Mbok sarni kemudian mendekatinya sambil bernyanyi (sinden), tangan keluar dari timun besar itu, gilang kaget dan ikut bernyanyi, waktu gilang yang bernyanyi tangan timun mas (pakai kostum mentimun) malah masuk lagi. Mbok sarni kembali nyinden dan keluarlah timun mas dari timun besar itu. Timun mas senang bisa menjadi manusia, mbok sarni pun senang karena ada timun mas dan tidak akan kesepian lagi.gilang ngusulin namanya sari pupuk mentimun. Melihat timun mas yang cantik, gilang jadi ngecengin timun mas. Gilang gimmick ngajarin baca [Papan Tulis dan Spidol], baca “aku suka kamu”. Gimmick kata belibet yang harus di bacakan secara cepat.
-   Cangkir cengkeh kencur
-   Kepala di garuk kelapa di parut
-   Cuanki kecoa kuaci
-   Satu sate tujuh tusuk
-   Satu biru dua biru dst sampai sepuluh biru
-   Kuku kaki kake kakaku kaku kaku

VICKY INFRAME à vicky heboh dengan kemunculan timun mas secara tiba-tiba, vicky manfaatin timun mas ala ponari, warga yang foto-foto disuruh bayar [Handphone]. ( lalu gimmick ngeobatin pake timun)[Gelas dan timun]

MOSIDIK INFRAME à pasen cegukan, mosidik tiap ngongomg cegukan lalu menyampaikan penyakitnya, Vicky menyuruh Timu Emas celupin air ke dalam gelas, Vicky jahilin dia celupin tangannya lalu aduk-aduk timunnya, setelah itu suruh Mosidik buat meminumnya, Mosidik gak mau minum, Vicky bilang kalo gak mau minum gak bakalan sembuh, Mosidik pun akhirnya mau minum, dan seketika sembuh cegukannya tapi dia malah jadi pusing, Vicky bilang air celupannya juga bisa bikin sembuh pusing, Timun Emas kembali kasih celupan air mentimun dan Vicky kembali jahilin masukin tangannya aduk-aduk mentimunnya, Mosidik bilang kalau dia salah ngomong. Tapi setelah minum air celupannya langsung sembuh.

ARIF DIDU INFRAME à pasien jerawatan dateng, seolah di kasih masker atau salep, di bilas di baskom besar. Vicky bilang kalau ngebasuhnya belom rata, dia lalu bantuin basuk mukanya Arif, tapi tangan Vicky sudah di kasih areng hitam, muka Arif didu malah cemong. Semuanya bilang kalau muka arif jadi lebih ganteng, Arif malah bangga bilang kalau dia sekarang lebih ganteng.

ENDING : INFRAME TEMON à minta mukanya di buat ganteng, tapi Timun Mas gak sanggup.

SEGMENT 3 –
INT. GOA
CAST : UCOK BABA, TEMON, ARIF DIDU, ABDEL

ABDEL DAN TEMON MENGANTAR CERITA LAGU 1 JAM by ZASKIA GOTIK :
“Raksasa lapar dia ingin makan, di beri makanan tapi di hiraukan, lalu diadakan sebuah perlombaan, cari juru masak memasak makanan
Datang dua orang jadi pesertanya, semua bahan lalu di masaknya, setelah matang lalu di cobanya, ternyata abdel.. pemenangnya..”

UCOK BABA DAN TEMON ONSET à ucok mengeluh kalau dia lapar. Temon kasih Paha daging Ayam, Ucok gak mau, Paha daging Rusa, Ucok juga gak mau, Ucok pengennya daging manusia. Temon bilang masih ada stok terakhir.

ARIF DIDU INFRAME à terlihat arif didu yang tagannya terikat pada pager kecil dan tetap  bisa berjalan kesana kemari. Temon suruh ucok makan arif, ucok gak mau, daging arif udah alot. Temon bilang kalau arif itu dulunya seorang chef, ucok bilang kalau chef dia juga punya kenalan. Ucok lalu panggil kenalan cheftnya.

ABDEL INFRAME à abdel yang berdandan ala chef juna datang, abdel pun menantang arif untuk berlomba masak. Dengan gaya kungfu chefnya arif menyanggupi tantangan abdel, dengan temon dan ucok sebagai jurinya. Abdel membuat makasan indonesia, sementara Arif membuat masakan chinese

Bahan-bahan : sayuran, daging, sea food.
perlengkapan masak : 2 kompor, 2 panci, 2 penggorengan, 2 sodet, kotak bumbu dapur, dll

ucok baba dan temon mencicipi hasil masakan dari mereka [Kwetiaw dan Nasi Goreng]. Masakan arif gak enak, tapi mereka memilih masakan Arif yang jadi pemenangnya tapi ternyata Arif ketahuan bohong karena ada bon dari rumah masakan padang

ENDING : mereka lalu memilih abdel menjadi pemenangnya. Abdel terlihat buru-buru pamit karena akan menghadiri acara ulang tahun. Abdel OUTFRAME sementara Arif di tarik mau di masak, Arif berontak ketakutan.

SEGMENT 4  EXT TERAS RUMAH [DIHIAS ORNAMEN ULANG TAHUN, PITA, BALON]
CAST : ABDEL, TIMUN MAS, MBOK SARNI, GILANG, VICKY, TEMON DAN UCOK BABA

ABDEL DAN TEMON MENGANTAR CERITA LAGU SELAMAT ULANG TAHUN by ZAMRUD :
Hari ini seorang timun suri, sedang berseri-seri dan happy-happy, ketawa haha hihihi
Karena dia sedang merayakan, hari ulang tahunnya besar-besaran, memanggil hiburan
Datang seorang raksasa, tuk memangsanya, dan memakannya, akibat janji seorang ibunya, kepada raksasa”

ABDEL, DEWI GITA DAN VEGA ONSET à nampak di set sudah ada tumpukan kado dan kue ulang tahun, Mbok sarni nanya ke abdel tentang acara 17annnya. Abdel sebagai MC pakai Mic dan Stand Mic bilang jangan kawatir dia sudah ahlinya. Dia  bilang sudah susun rencana untuk memeriahkan acara 17annya. Dimulai dengan acara sambutan dari pak rt dan  ketua tarka, di akhiri dengan doa. semua di lakukan oleh abdel (pak rt pake peci, tarka pake topi, doa pake sorban). Ternyata abdel mengadakan acara lomba seperti balap 2 karung dengan timun mas dan mbok sarni yang menjadi pesertanya.

Timun mas sedih acaranya tidak sesuai dengan keinginannya, mbok sarni kesel ke abdel, karena maksud mbok sarni abdel buat acara ulang tahun yang ke 17, bukan acara 17an.
Abdel meminta maaf, dia bilang dia akan menjadi MC di acara ulang tahun timun mas. Abdel bilang ada artis-artis luar negri yang ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk  timun mas..

GILANG INFRAME à gilang dirga berada di frame TV dari styrofoam ada tombol chanelnya dan berubah-ubah menjadi artis-artis luar yang di tuntun oleh abdel. (menjadi michael jackson, eminem, jacky chan, sahru khan dll). Abdel juga memainkan volume, suara Gilang berubah kecil dan besar sesuai perintah Abdel.

VICKY INFRAME à vicky membawa banyak kado titipan dari teman-temannya untuk timun mas. Vicky lalu memberikan selamat dan kado-kado itu kepada timun mas, ketika acara buka kado, timun mas kesal karena isinya aneh-aneh seperti sendal jepit sebelah, TTS (teka teki silang), dll. Lalu tiba-tiba vicky mempertlihatkan kunci, timun mas malu-malu manja seolah diberi mobil oleh vicky. Ternyata vicky hanya memberikan gantungan kunci kepada timun mas, dan meminta maaf karena tidak sempat membungkusnya. Timun mas BT, abdel hibur bilang ada kado terindah dari ibunya, mbok sarni perform artis penyanyi.

TEMON DAN UCOK INFRAME à temon datang membawa kado besar [yang bisa muat ucok baba] dengan di dorong trolly, timun mas bilang kalau dia tidak di undang, namun temon mengaku dia adalah teman lama timun mas. Temon lalu membuka kadonya yang ternyata berisi ucok baba.

ENDING : Mereka menagih janji untuk menyantap timun mas. Namun mbok sarni beralasan kalau timun mas belum memiliki ktp, nanti saja di santapnya kalo timun mas sudah punya ktp. Ucok baba bilang mau nyicip sedikit, ucok baba lalu mengejar-ngejar timun mas yang lari ketakutan.

SEGMENT 5 – HUTAN
CAST : MOSIDIK, ARIF DIDU, TIMUN MAS, GILANG, UCOK BABA, TEMON

ABDEL DAN TEMON intro lagu ”JATUH CINTA LAGI”-BY MATA BAND
”Timun suri pergi, perginya pun tidak sendiri, untuk cari-cari, petapa yang bersemedi
Petapa hampiri, menghampiri si timun suri, lalu dia memberi, memberi ramuan sakti”

MOSIDIK DAN ARIF ONSET à mosidik bersiap-siap untuk bertapa, dia meminta arif asistennya ngejagain dia, mosidik pun memulai tapanya. Tapi saat Mosidik bertapa Arif malah tanya-tanya, Mosidik pun kesal karena tapanya jadi gak khusuk.

Arif nanya :
-   jagainnya dari gangguan binatang atau manusia?
-   Handphone arif bunyi [SFX : suara telpon] Arif angkat telponnya yang bilang kalo Mosidik menang undian, Arif bilang kalo mosidik gak bisa di ganggu, Mosidik bangun bilang kalau dapet hadiah gak apa-apa, tapi arif udah keburu tutup telponnya.
-   Arif dengerin musik kenceng
-   Arif malah ngorok karena ketiduran.

VICKY INFRAME à sebagai siluman nyamuk [kostum nyamuk] yang mengganggu tapa mosidik. Arif semula mendiamkan paling Cuma gigit aja, tapi ternyata siluman nyamuk malah menampar Mosidik, Mosidik pun terganggu minta arif mengusir siluman nyamuk, Arif lalu mengambil semprotan nyamuk dan menyemprotkan nyamuk yang nemplok di Mosidik, mosidik kembali terganggu, Arif lalu mengambil raket listrik buat ngusir nyamuk, nyamuk nemplok lagi di Mosidik, Arif berusaha mengusir nyamuk itu dengan mengejarnya dan beberapa kali raketnya mengenai mosidik yang sedang bertapa.

Mosidik yang sudah tidak kuat lagi terbangun dari tapanya, dia kesal karena arif gak bisa menjaga dia dari gangguan. Mosidik lalu menerawang bola kristalnya dan bilang kalau sebentar lagi akan datang dua orang manusia yang meminta bantuan.
TIMUN MAS DAN GILANG INFRAME à Ternyata benar, timun mas dan gilang datang meminta bantuan mosidik dan arif. Arif nanya nama, alamat, no tlp, no sepatu, keluhan dll. Setelah dijawab semua, dia lalu kasih timun mas dan gilang formulir dan pulpen untuk mengisinya. Mereka kesal karena isi formulir itu pertanyaan yang di ucapkan tadi oleh arif (arif nanya tapi tidak di tulis di formulir).
Timun mas cerita kalau dia dikejar-kejar oleh raksasa dan meminta ramuan yang bisa menyelamatkannya dari raksasa itu. Mosidik lalu memberikan kotak berisi 3 barang [Jarum Besar, Bedak, Bawang Bombay] penangkal raksasa. Mosidik bilang kalau bertemu dengan raksasa lempar saja barang-barang itu nanti akan terlihat khasiatnya. Setelah mendapatkan penangkal itu timun mas dan gilang OUTFRAME
UCOK BABA DAN TEMON INFRAME à waktu mosidik akan kembali meneruskan tapanya, arif lalu bilang kalau di luar ada tamu tapi bukan manusia. Mosidik bilang suruh masuk aja, yang penting bayar. Ucok dan temon masuk, mereka bilang mereka kesulitan mengejar timun mas timun mas dan meminta bantuan mosidik.
ENDING à Belum sempat mosidik memberikan jimat, timun mas dan gilang kembali kesitu karena lupa membayar penangkal yang di berikan mosidik. Ucok, temon dan timun mas sama-sama kaget, mereka pun saling berkejaran disitu sampe ngerusakin barang-barang mosidik dan arif didu.
Segment 6 – TERAS RUMAH
CAST : ABDEL, TIMUN MAS, GILANG, UCOK, TEMON

ABDEL DAN TEMON MENGANTAR CERITA Intro lagu ”CARI JODOH”-by WALI BAND  :
Timun suri lari lari wara wiri sana sini menghindari, dari sebuah kejaran, kejaran sang raksasa dari sebuah hutan sedang kepalaran

Timun suri pun berhasil mengalahkan sang raksasa, yang selalu kerjar-kejar dirinya, berkat sebuah ramuan dari s’orang petapa sakti mandra guna”

ABDEL, TIMUN MAS DAN GILANG ONSET à  timun mas dan gilang lari di kejar - kejar oleh raksasa, mereka kecapean dan kehausan. Kebetulan mereka bertemu dengan abdel yang berjualan cendol. Abdel nawarin Mereka lalu beristirahat sambil memesan cendol dan meminumnya. Abdel nanya kenapa kok buru-buru banget ? mereka jawab mereka di kejar oleh raksasa. Selesai meminum cendol, mereka kembali lari. Tidak lama kemudian ucok dan temon datang.

UCOK DAN TEMON INFRAME à mereka yang juga kehausan pesen es cendol ke abdel. Sambil minum mereka tanyain timun mas, abdel bilang timun mas lari kesana (menunjuk ke arah belakang ucok) lalu ucok dan temon pun hendak mengejar mereka namun di halangi abdel. Abdel bilang timun mas dan gilang belum bayar. Terpaksa ucok dan temon patungan [uang 50 ribuan] buat bayar es cendol timun mas dan gilang. Selesai bayar Abdel outframe.

Temon lalu mengajak Ucok buat mengejar Timun Mas dan Gilang.

TIMUN MAS DAN GILANG INFRAME à Ucok dan temon akhirnya berhadap-hadapan dengan Timun Mas dan Gilang. Ucok akan memangsa Timun Mas, Gilang lalu menyuruh Timun melemparkan ramuan dari petapa.

Timun Mas melemparkan jarum, seketika Ucok dan Temon berhenti mengejar lalu merajut benang menjadi sebuah topi dan syal, mereka lalu pakai topi dan syalnya, setelah itu mereka kembali mengejar Timun Mas dan Gilang. Gilang minta timun Mas melemparkan kembali ramuan dari petapa,

Timun Mas kemudian melemparkan Bedak, seketika Temon dan Ucok berhenti lalu berdandan, selesai berdandan Temon dan Ucok kembali mengear timun mas dan Gilang, Gilang menyuruh Timun Mas melempar Ramuan yang ke tiga.

Timun Mas lalu melempar Bawang Bombay, seketika Temon dan Ucok langsung joget india diiringi musik india, musik india mula-mula lambat tapi lama-kelamaan menjadi cepat, Temon dan Ucok baba pingsan kecapean. Timun Mas senang berhasil mengalahkan Ucok dan Temon.

ENDING : ABDEL INFRAME à melihat keduanya pingsan kecapean, Abdel bangunin Temon dan Ucok nawarin keduanya minum es cendol lagi, tapi saat keduanya bangun Abdel gak ngasih dan bilang kalau yang tadi aja bayarannya kurang lalu pergi.


End

Tidak ada komentar:

Posting Komentar