Rabu, 02 Maret 2016

CONTOH ADA BASHO DI WARUNG KOPI RCTI

 Ada BA-SHO di WARUNG KOPI
RCTI
Episode #: RINGAN SAMA DI JINJING, BERAT PIKUL SENDIRI
    
PEMAIN :
INDRO         : Bang Poltak (Pemilik Warung)
MIING         : Miing/Aki Biran
DIDIN         : Hansip/ Panitia Seleksi
DENADA        : Mbak Surti /Istri Indro
VONNY         : Ponirah / Janda / Teman Poltak / Penghuni Kontrakan
CHIKA JESIKA  : Pelamar Kerja
PURI          : Asisten Didin
EKSTRAS       : PEMBELI COWOK
EKSTRAS       : 4 CEWEK PELAMAR KERJA

SINOPSIS      :
Poltak kecapean jaga warung akhirnya cari karyawan, Didin di tugasin sebagai pantiannya, seleksi pun di mulai dengan seleksi administrasi, Didin ngeduitin yang gak mau bayar langsung gugur, sehingga yang tersisa hanya akibiran dan seorang cewek, akibiran dan cewek tersebut di test kemampuan, tapi dua-duanya gagal karena gak memenuhi kualifikasi yang di harapkan poltak dan Surti, tapi tiba-tiba Chika Jesika yang sudah di tolak Didin di terima Poltak jadi karyawan melalui jalur khusus, hal ini di ketahui Surti, Poltak alasan itu hasil seleksi Didin, sementara Didin yang gak merasa nerima gak ngaku, Poltak punya kuncian supaya Didin ngaku yakni dia tau kalau Didin ngeduitin, tapi akhirnya Surti tau akal-akalan Poltak, Chika Jesika di pecat uang hasil ngeduitin pun di rampas.

SEGMENT PERTAMA [10 Menit]
SETTING   : WARUNG BANG POLTAK
PEMAIN    : POLTAK, SURTI, PEMBELI, DIDIN
POLTAK DAN SURTI ONSET à Poltak kecapean sampai masuk angin gara-gara jaga warung siang malam sedang di kerokin Surti.

NGOMONGIN MASUK ANGIN
·         NGELUH DI MEDSOS : Surti ngomong orang kalo badannya gede sukanya ngeluh terus, Poltak bilang aku emang suka ngeluh tapi kan aku gak ngeluh di media social seperti yang lain itu loh penting gak ngeluh di media social
·         REKENING GENDUT : Surti ngomong nyesel punya suami badannya doang gendut rekeningnya kurus, Poltak alasan mending aku punya badan gendut dari pada punya rekening gendut nanti malah aku di jadikan tersangka sama KPK
·         BEDA ANGIN DI LUAR NEGERI : Surti ngomong tuh bang bedanya angin di luar negeri sama di Indonesia, kalau di luar negeri angin di tampung bang di jadiin tenaga listrik, kalau di Indonesia angin malah di buang-buang. Poltak bilang kalau di Indonesia kan memang sudah kebiasaan orang buang-buang, bukan Cuma angin aja yang di buang-buang anggaran juga di buang-buang.
·         BUMB : Poltak bilang sudah lah dari pada aku masuk angin terus begini bagaimana kalau bagi tugas kita, Surti bilang enak aja, aku gak mau bagi tugas, warung ini kan status kepemilikannya BUMB, Poltak bingung BUMB apa itu? Kalau BUMD, BUMN aku tau kalau BUMD aku gak tau, Surti jelasin BUMB itu Badan Usaha Milik Bini.
·         NGEROK GAK KELUAR NOMOR : Surti bosen udah ah bang ngerokin abang dari tadi Cuma dapet cape doang, Poltak tanya dapet cape gimana itu namanya kau berbakti sama suami, berbakti sih berbakti bang tapi udah sekian banyak yang aku kerok gak ada yang keluar nomornya, Poltak bilang eh kau pikir badan aku ini voucher isi ulang.
·         NGEROK MALAH DI GAMBAR : Poltak bilang kali ini kerokinnya yang benar lah biar anginnya cepat keluar soalnya yang udah-udah badan ku bukan kau kerokin tapi malah kau gambar pemandangan kau kira badan aku kanvas apa, Surti jawab tadinya badan abang bukan mau aku gambar tapi mau aku buat lahan parkir
·         MASUK ANGIN BUKAN CITA-CITA : Poltak bilang sebenarnya masuk angin itu bukan cita-cita aku, cita-cita aku ini sebenarnya mau masuk PNS tapi gagal, Surti bilang jangankan abang, anak presiden aja gaga test CPNS, Poltak bilang kalau PNS sekarang sama dulu beda, PNS sekarang itu gajinya gede apalagi PNS DKI, tapi kalau PNS dulu hutangnya yang gede, Surti tanya kenapa bisa hutangnya gede, Poltak bilang soalnya gajinya sepuluh koma, Surti bilang gaji sepuluh koma itu gede bang, Poltak bilang gede apanya tanggal sepuluh udah koma
·         CARA GAK MASUK ANGIN : Surti bilang Bang aku usul nih biar abang gak gampang masuk angin aku tau caranya, Poltak tanya caranya bagaimana? Surti bilang abang bikin aja tulisan “Angin Dilarang Masuk” terus abang tempel di badan abang, Poltak bilang boleh juga usulnya tapi bukannya angin gak masuk malah aku di katain orang gila.

GIMMICK : surti diem gak ngerokin, tapi poltak malah tahak trus buang angin dari mulut, sampai akhirnya poltak sadar kalau surti gak ngerokin

NGOMONGIN PACARAN
·         SUKA MASUK ANGIN : Surti bilang aku tuh bingung sama abang, dari jaman pacaran sampai sekarang abang kok sukanya masuk angin, Poltak bilang aku tuh gak ada pilihan lagi selain suka masuk angin, soalnya kalau aku suka sama pembantu komplek sebelah nanti kau marah. Surti bilang jadi abang suka sama pembantu komplek sebelah? Poltak balik nanya kau marah gak, kalau kau marah aku gak suka, tapi kalau kau gak marah aku suka.
·         SUKA BIKIN KESEL : Surti bilang abang emang bener-bener ya, dari jaman pacaran sukanya bikin marah aku, Poltak tanya kenapa aku suka bikin kau marah? Surti tanya kenapa? Poltak bilang ya soalnya pacara bikin anak kan gak boleh, di larang sama agama, makanya aku suka bikin kau kesal saja.
·         PACARAN NAIK PERAHU : Surti bilang dulu waktu masih pacaran sering di ajak naik perahu tapi sekarang udah gak pernah lagi di ajak naik perahu. Poltak bilang kenapa sekarang-karang aku gak pernah lagi ngajak kau naik perahu, soalnya perahu-perahunya sudah di tenggelamkan bu susi, Surti bilang setau dia yang di tenggelamkan itu kapal, Poltak bilang iya kapal tapi kelasnya perahu.

NGOMONGIN ANAK
·         PERGI JAM 7 PULANG JAM 7 : Surti tanya abang gak bosan apa setiap hari masuk angin terus, Poltak bilang aku ini kan masuk angin gara-gara anak kita gak mau bantuin jaga warung, kau juga sih yang salah mendidik anak suka manjain anak, anak setiap hari di biarkan pergi jam 7 pulang jam 7, Surti gak ngerasa komplain abang lihat jam dimana anak kita pergi jam 7 pulang jam 7? Poltak bilang jam yang di ruang tamu lah, Surti bilang itu jam mati bang, batrenya udah habis.
·         NAMA ANAK : Surti gantian nyalahin Poltak salah kasih nama anak, harusnya nama anaknya kebarat-baratan seperti Jeniper kan bagus. Poltak bilang bagus apanya, Jeniper itu kalo di panjangin jelek Jeruk Nipis Peres. Poltak bilang boleh aja nama kebarat-baratan tapi harus ada unsur nasionalismenya, misalkan nama baratnya SANDRA, nama Indonesianya BULOG, kalo di gabung Sandra Bulog. Surti bilang bukan BULOG bang tapi BULOCK. Poltak bilang kalau gitu nama anak kita mendingan yang ada unsur ke Jawa-jawaan misalkan Nunung, Gogon. Surti bilang kalau itu sih nama pelawak.
·         PENDIDIKAN ANAK : Surti bilang abang tuh harus perhatian bang sama anak, anak kita itu sekarang udah kuliah sebentar lagi lulus, Poltak bingung loh anak kita sudah kuliah, memangnya anak kita lulus SMA kapan? Surti bilang tuh bener kan abang gak perhatian sama anak, anak lulus SMAnya kapan aja gak tau, anak kita itu lulus SMA tahun 2012, Cuma lulus SMP aku gak tau tahun berapa.

PEMBELI MUNCUL à mau ngopi.
·         Pembeli : Bang Poltak mau ngopi nih! Poltak bilang kau ngopi di tempat lain saja, aku lagi masuk angin warung tutup gak jualan, Pembeli bilang wah sombong banget bang gak jualan, udah banyak duit, abang namanya nolak rejeki. Poltak bilang bener juga, eh surti kau buatkan dulu dia kopi, Surti keki abang gimana sih ngeroknya kan belom selesai,  eh dari pada nolak rejeki. Surti melayani mau pesen kopi apa? Pembeli, bukan mau pesen kopi Mbak, Surti tanya terus mau apa? Pembeli bilang saya mau minta air panas, kopinya saya udah punya. Surti emosi eh kamu pikir warung kopi ini punya bapak moyang kamu, main minta-minta air panas, minta sana di warung lain, Pembeli pergi sambil ngedumel ah pelit.
·         Surti masih kesel abang sih nyuruh-nyuruh layanin, gak taunya Cuma minta air panas, Poltak bilang ya sudah memang kenapa kalau Cuma minta air panas, Surti alasan bang sekarang Cuma minta air panas, besok-beso bawa adonan sendiri bilang mbak surti tolong gorengin dong...

DIDIN MUNCUL à mau ngutang kopi.

·         KELUARGA SAKINAH : rumah tangga yang Sakinah, mawadah, wa rohmah. Poltak bilang Heh, jangan meledek, kau!. Didin bilang Lo, saya ngomong apa adanya, kok. Bang Poltak kelihatan mesra menatap Surti. Begitu juga sebaliknya. Surti bilang Heh, situ katarak ya. Orang lagi perang dingin dibilang lagi mesra-mesraan.
·         GAK PUNYA BAJU LAGI : Didin bilang Bang Poltak enak ya, masuk angin ada yang ngerokin, Poltak nyaranin Din kalau kau mau masuk angin ada yang kerokin kau harus menikah juga seperti aku, Didin bilang saya sudah nikah dengan profesi saya. Lihat seragam ini, tak pernah pisah dari saya. Poltak kagum kau menang hansip sejati Din. Didin bilang bukan hansip sejati, emang gak punya baju lagi
·         HANSIP DI BUBARIN : Surti bilang lagian, Hansip udah dibubarin, kok kamu masih jadi Hansip. Didin bilang bukan dibubarin, cuman ganti seragam. Saya ingin nama saya terpatri sebagai Hansip abadi. Dengan gelar: Didin Hansip Berseragam. Poltak bilang Yaelah, kondisi sepi begini, kan lagi aman-amannya, kau makan gaji buta. Didin bilang Bang, keamanan itu sesuatu yang mahal, sepi belum tentu aman. Itu intinya, saya selalu pakai seragam ini, Surti bilang kalau kamu pakai seragam penari latar, mana ada yang takut.
·         ANAK BUAH BELOM ADA : Didin bilang mestinya saya udah jadi komandan, tapi selalu ditunda pelantikannya bahkan kabarnya gak jadi di lantik, Poltak tanya kenapa? Memangnya kamu jadi tersangka kasus? Didin bilang Anak buahnya belum ada.
·         ANGIN DI KUASAI ORANG BATAK : Didin bilang lihat poltak masuk angin saya jadi ingat pasal 33 UUD 45 yang bunyinya bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya di kuasai oleh Negara, tapi ada kekayaan alam yang gak di kuasai Negara tapi di kuasai orang medan, Poltak tanya apa? Dia sebagai keturunan medan gak tau kekayaan yang di kuasai orang medan, Didin bilang ada, Poltak tanya apa tuh? Didin bilang angin, Lay tabah angin lay
·         NIKAH BIAR MERASAKAN PENDERITAAN : Poltak bilang Heh, aku tadi tanya kapan kau cari jodoh. Jadi bujang lapuk kau nanti, Didin bilang Jodoh si udah di depan idung, Tapi saya ragu, apa mungkin diterima. Poltak bilang Heh, lelaki harus berani. Harus punya jiwa revolusi mental. Pesan aku  Kawinlah kau, Didin, supaya bisa merasakan penderitaan. Surti langsung nimpalin Jadi Bang Poltak menderita kawin sama aku? Poltak ngeles maksudku bukan begitu, bukan menderita, tapi bahagia…
·         NAKSIR TIFFANI : Didin tanya Menurut bang Poltak, apa saya bisa diterima kalau menyatakan cinta? Poltak bilang pasti diterima, sebagai lelaki kamu kan punya jiwa pelindung dan penyayang. Didin bilang terus gimana kalo ada halangan? Poltak bilang terabas, jangan takut halangan dan rintangan. Kalau perlu bertaruh nyawa. Didin tanya kalau orangnya tuanya yang ga setuju? Poltak bilang Ah, yang begitu jangan ditakuti. Ingat: Revolusi mental. Tunjukkan jiwa besar, jangan cengeng. Didin bilang orang tuanya serem, Poltak bilang yang serem kan cuman tampangnya. Kau jangan takutlah. Didin tanya adi kalau saya melamar, pasti diterima, Poltak bilang di terima tapi gomong-ngomong, anak mana yang kamu taksir? Didin bilang anak deket-deket sini, Surti tanya Siapa namanya? Didin bilang Tiffani. Poltak dan Surti melongo, Poltak lalu tanya Surti nama anak kita siapa? Surti bilang Tiffani. Poltak langsung bilang ke Didin Gini, Din…sebaiknya kamu lupakan teori tadi. Didin bilang tapi ini revolusi mental. Poltak bilang Kalau mau mental, terpentalah sejauh mungkin.
·         MAAU NGUTANG TERGANGGU : Didin Tanya sebenarnya tadi lagi ributin apaan, sih? Saya mau ngutang kan jadi terganggu, Poltak keki bilang kenapa jadi kau yang terganggu Din, ada juga aku yang terganggu
·         USUL CARI KARYAWAN : Surti bilang  Surti jelasin Soal warung kami, Din. Kami sudah tak sanggup lagi jaga warung. Bang Poltak malah tiap hari minta kerokan. Bisa-bisa aku jadi tukang kerok. Didin nyaranin Gimana kalo cari karyawan aja? Poltak bilang Encer kali otak kau, Didin. Didin alasan kan dipake terus jadi encer. Kalo dianggurin baru kental.
·         CARA CARI KARYAWAN :Surti tanya gimana caranya cari karyawan kita belom pernah punya karyawan? Didin bilang serahkan ke saya semua. Mulai  penerimaan, test seleksi, sampai penerimaan. Gimana? Poltak bilang Setuju. Tolong kau buka jalur online, jalur undangan, jalur khusus juga jalur busway, Didin tanya buat apa jalur busway,Poltak bilang biar orang kaya bisa lewat jalur busway.
·         FIT & PROPER TEST, KONSULTASI KPK & PPATK : Didin bilang saya bakal buka jalur cepat dan jalur lambat, Surti bilang loloskan yang berkualitas, jangan asal cantik, atau terkenal nanti malah jadi saingan saya. Harus melalui Fit & Propertest, konsultasi juga ke KPK dan PPATK. Didin bingung tanya ini mau jadi karyawan apa mau jadi Kapolri sih
·         TANDA JASA REVOLUSI MENTAL: Poltak tanya Din, nanti aku bayar kau berapa sebagai tanda jasa? Didin cengar-cengir bilang saya mau revolusi mental aja, sama Tifani. Poltak bilang Ah, kau ini becanda terus. Aku kan sudah bilang, lupakan itu.
·         KUNCI MOBIL : Didin ngerogoh kantong celana. Mengeluarkan kunci. Lalu diputar-putarkan dengan ibu jarinya. Surti bilang Bang, liat dia sudah punya mobil. Itu kuncinya. Poltak bilang Din, kamu mau jemput anak kami, Tifani. Didin bilang Siap! Naik angkot, boleh? POLTAK dan SURTI saling pandang. Poltak bilang terus kenapa kau bawa kunci mobil? Didin bilang Ini kunci Pos Hansip. Sebelum jemput Tifani, saya mau ngunci Pos dulu. POLTAK narik napas.

SEGMENT KEDUA [10 Menit]
SETTING   : POS HANSIP
PEMAIN    : DIDIN, PURI, CHIKA JESIKA, 4 CEWEK, AKI BIRAN

DIDIN DAN PURI ONSET à siap-siap melakukan seleksi administrasi.

·         JUMLAH YANG DAFTAR : Didin bilang Ten, assisten, coba kamu laporkan, sudah berapa banyak pelamar yang kita dapat, Puri bilang Banyak pak, sampai saya lupa ngitung, tiap kali ngitung hasilnya beda. Didin tanya beda gimana? Asisten bilang itungan pertama ada 100, kedua ada 200, ketiga ada 50. Sekarang ada 3 juta pelamar. Didin tanya Orang semua tuh? Puri bilang gak pak, campur mahluk luar angkasa. Didin bilang saking banyaknya pengangguran di indonesia, lowongan jaga warung aja yang ngelamar ngantri.
·         CETAK FORMULIR 1 LEMBAR : Didin kemudian tanya yang ngantri daftar jadi karyawan kan banyak, kamu sudah cetak formulir berapa? Puri bilang oh tenang pak, saya memang sudah mempredisi yang datang banyak makanya saya cetak formulirnya 1 lembar pak. Didin kaget kok Cuma 1 lembar peserta yang daftar banyak loh, Puri bilang tenang Pak sisanya saya foto copy biar murah, Didin bilang bagus-bagus kalo gitu mana uang sisanya, Puri keki uang sisanya diminta juga.
·         BULE DAFTAR : Puri bilang diantara para pendaftar ada bule juga yang daftar? Didin bilang masa sih bule ikutan daftar jadi karyawan warung, ini pasti bule kere. Puri bilang kalo ini bule bukan sembarang bule kulitnya aja putih, Didin bilang eh yang namanya Bule dimana-mana kulitnya putih, kalo kulitnya hitam namanya negro, Puri bilang ada Pak bule yang kulitnya hitam? Didin tanya bule apa? Puri bilang bule afrika. Didin tanya bulenya bisa bahasa Indonesia gak? Puri bilang bisa tapi gak bisa bahasa Inggris. Didin bilang itu sih bu lek. Didin bilang Pur, sekarang panggilin pendaftar satu persatu, Puri bilang baik pak, Chika

CHIKA JESIKA INFRAME à untuk diseleksi.
·         TANYA PERSYARAATAN : Puri bilang ini pak pendaftar pertama, Didin bilang kamu sudah bawa semua persyaratannya? Chika bilang udah Pak, saya udah bawa semuanya lengkap, Didin cek berkas-berkasnya surat lamaran oke, foto copy KTP oke, fotonya ada yang lain gak? Chika tanya emangnya kenapa pak, Didin bilang ini kenapa foto keluarga yang di lampirin, kalo bisa foto sendiri, Chika bilang kalau dia gak biasa selfie jadi gak bisa foto sendiri bisanya di fotoin orang lain. Didin bilang maksudnya foto sendiri foto kamu lagi sendiri, Chika bilang kalau dia takut sendirian, makanya dia foto bareng-bareng.
·         TANYA NAMA : Didin kemudian tanya nama Chika nama kamu siapa? Chika bingung tanya lagi apa pak? Didin bilang saya tanya Chika nama kamu siapa? Chika bilang kan itu udah bapak sebutin nama saya.
·         TANYA MOTIVASI : Didin tanya kalau boleh tau motivasi kamu buat kerja disini apa? Chika bilang saya sebenernya gak punya motivasi, tapi kalau bapak punya bagi saya satu pak, Didin bilang motivasi itu dari diri kamu sendiri bukan dari saya, Chika lalu tanya motivasi itu apa sih pak? Didin kasih tau motivasi itu yang suka bikin baju banyak, Chika bilang itu sih konveksi pak.
·         NGEDUITIN : Didin bilang ini baru test administrasi kalau kamu mau lolos ke test kemampuan kamu harus memberikan ini [kode minta duit dengan memainkan tangannya, Chika ngerti oh ini [lalu memainkan tangannya di kasih ke tangan Didin]. Didin keki maksudnya uang bukan ngasih tangan. Chika bilang kalau dia kesini kan mau cari uang, masa harus keluar uang, Didin bilang ya kalau gak mau gak apa-apa berarti kamu gak lolos test selanjutnya.
·         BORGOL ATAU LAKBAN : Chika merengek minta di loloskan, Pak tolong pak saya di lolosin pak, saya gak punya uang pak buat nyogok bapak. Didin minta Puri mengamankan Chika Pur... tolong nih diamankan, Chika terus ngoceh mohon di loloskan, tapi Didin tetap enggan meloloskan. Puri menyuruh Chika pergi udah cep... cep... jangan nangis nih permen buat kamu, Chika keki emang saya anak kecil nangis di kasih permen, Chika lalu pergi. Didin bilang Pur panggil peserta berikutnya

3 CEWEK INFRAME à berebut minta duluan.
·         Cewek 1 Pak kalau bisa saya di test duluan, soalnya saya harus syuting setelah ini. Cewek 2 bilang gak bisa pak saya duluan, soalnya saya mau keluar negeri, nanti saya ketinggalan pesawat. Cewek 3 Pak semestinya saya duluan. Soalnya saya mau melahirkan. Didin geleng-geleng Pur... Didin bilang kalau semuanya gak usah di wawancara asal ada ini [memberikan kode minta uang]

AKI BIRAN INFRAME à dia terlihat cuek dengan tongkatnya, dia sentuh apa aja yang ada di situ. Ketiga cewek ekstras ketakutan, lalu ketiganya pergi. Namun, masih sempat memberikan amplop ke DIDIN. KI BIRAN ngeliat, sambil senyum-senyum. Puri juga ikut-ikutan out Frame.
·         MINTA DI TANYA-TANYA : Aki Biran bilang kok saya gak di tanya-tanya kayak pelamar yang lain? Didin bilang oh aki mau di tanya-tanya juga, Didin tanya Man Robbuka? Aki komplain emangnya aki udah meninggal di tanya man robbuka, di tanya soal lamaran kerjaan dong, Didin bilang Lho, Aki mau ngelamar juga. Dikira mau ngasih kata-kata terakhir….
·         AKI MASIH KUAT : Aki Biran bilang Lo jangan kurang ajar. Gini-gini Aki masih kuat berdiri. Didin tanya Berdiri apanya? Aki Biran bilang Ya tongkatnya, dong.
·         YANG TUA GAK USAH NGERECOKIN YANG MUDA : Didin bilang tapi kami cari tenaga yang masih muda. Aki bilang jangan kurang ajar, kalo yang muda pada kerja, yang tua disuruh ke mana. Emangnya yang tua gak bisa ngerjain pekerjaan anak muda. Didin bilang tapi orang setua Aki, mestinya kan udah pension, gak usah ngerecokin pekerjaan anak muda.
·         YANG TUA DI PANGGIL TENAGA AHLI : Aki biran bilang siapa bilang, buktinya banyak yang dipanggil lagi, sebagai tenaga ahli. Didin bilang Oh, jadi Aki masih sering dipanggil, Aki bilang Siapa yang mau manggil gue. Ngaco lo ah…
·         DI PANGGIL JOKOWI GAK MAU : Aki bilang tapi gua kemarin-marin pernah di panggil Jokowi gua gak mau, Didin tanya loh kok gak mau siapa tau aki mau di kasih kerjaan, kenapa gak mau. Aki bilang ya gak mau lah nama gua kan Aki Biran masa di panggil Jokowi.
·         TANYA DATA : Didin kemudian tanya keseriusan Aki aki serius mau cari kerja? Aki bilang Serius. Kalo nggak serius ngapain gue ke sini. DIDIN lalu ngambil kertas. Buat mendata, DIDIN tanya Nama lengkap? KI BIRAN Biran van Hosten. DIDIN Ditulis ya, Ki. KI BIRAN Ya ditulis, dong. DIDIN tanya Tempat tanggal lahir? KI BIRAN bilang Waktu ujang geledek, DIDIN Ya, tapi tahun berapa? KI BIRAN Seangkatan sama Grup Slank. DIDIN Ditulis ya, Ki? KI BIRAN Ya ditulis, dong. DIDIN Jenis kelamin KI BIRAN Lelaki sejati, DIDIN Lelaki sejati. Ditulis ya, Ki? KI BIRAN Jangan, digambar aja
·         TANYA PENDIDIKAN : Obrolan soal tes pengetahuan makin melebar. DIDIN tanya Soal pendidikan gimana. Kapan lulus SD? KI BIRAN bilang Aki lupa, soalnya sekolah Aki pindah-pindah. Kelas satu aja di lima sekolah yang beda. Kelas 1 di Bandung, kelas 2 sampai kelas 5 di Pameungpeuk . Lulus SD di Sukabumi. DIDIN tanya Terus waktu SMP? KI BIRAN bilang Wah, Aki main antar pulo. Kelas 1 di pulau jawa, kelas 2 di pulau Sumatra, lulus di pulau Komodo. DIDIN tanya Waktu SMA di mana? KI BIRAN bilang pas SMA, Jepang masuk tahun 1942. Aki ikut membela Negara tercinta. Aki angkat senjata, Jepang Aki usir, DIDIN kagum lalu tanya Aki ikut perang? Aki bilang Bukan ikut perang, angkatin senjat dari gudang ke mobil perang. DIDIN tanya tapi Aki kan punya ijasah SMA? Aki bilang gak tau juga, waktu  itu aki lagi nongkrong di sekolah, Eh disuruh masuk. Aki masuk aja, eh lulus.
·         SEKOLAH JAMAN DULU KOK BISA PINTAR : Didin bilang Iya-ya, dulu sekolah susah cari murid. Sekarang murid susah cari sekolah, Aki bilang sekolah mah banyak, tapi mahal-mahal, Din. Didin Heran, Aki kan sekolah asal-asalan begitu, kok bisa pintar, ya? Aki biran bilang Din, lo jangan salah. Jaman dulu gedung sekolahan emang jelek, tapi gurunya bagus-bagus. Kalo jaman sekarang, gedung sekolahan pada mewah, tapi gurunya.
·         PENGALAMAN MASA SEKOLAH : Keduanya asyik ngomongin soal sekolah dan masa lalu. Aki bilang Din. Gini-gini Aki pernah jadi ketua OSIS, DIDIN bilang Heh, jaman Jepang belum ada OSIS… ngawur. OSIS adanya Cuma jaman sekarang OSIS ONICE...
·         LULUSAN PERHOTELAN : Didin tanya pendidikan Aki Biran selanjutnya setalh lulus SMA Aki kuliah dimana? Aki Biran bilang Aki lulusan perhotelan, Didin tanya kalo lulusan perhotelan harusnya ngelamar ke hotel, Aki bilang kalau aki mah realistis aja, percuma ngelamar ke hotel juga gak bakalan di terima, yang pada kerja aja di pecat-pecatin gara-gara larangan rapat di hotel
·         FASILITAS DAN GAJI : Didin tanya kalau seandainya di terima apa yang diminta? Aki Biran bilang Aki sih gak muluk-muluk, Aki minta fasilitas tinggal di apartemen, mobil dinas sama gajinya harus jutaan, Didin menawarkan kalau 500 ribu gimana mau gak? Aki Biran bilang gak mau lah aki maunya jutaan, Didin bilang kalau setengah juta gimana? Aki bilang nah kalau itu Aki mau
·         GAJI PERTAMA : Didin kemudian tanya gaji pertama buat apa? Aki Biran bilang buat nyenengin orang tua beliin coklat, Didin bilang Aki aja udah segini umurnya, berapa umur orang tuanya
·         MEWUJUDKAN CITA-CITA : Didin heran aki biran sudah tua masih mau kerja aja, padahal banyak anak muda yang malas kerja, Aki bilang kalau Aki sebenernya pengen mewujudkan cita-cita Aki sejak kecil yang sampai saat ini belom kesapaian, Didin tanya emang cita-cita Aki yang belom kesampaian apa? Aki bilang jadi penyanyi cilik

POPON INFRAME à langsung minta dites.
·         TANYA NOMOR DADA : POPON menyapa Siang, Pak Didin. Saya Popon, nomor panggilan 13, nomor daftar urut 2000. Aki nyeletuk Nomor  dada, berapa? POPON keliatan panik. Didin nengahin bilang Aki, jangan nanya yang nggak penting. POPON bilang Tau nih aki-aki, ganjen, kaya masih kuat aja. Aki bilang Din, kasih tau kekuatan tongkat Aki.
·         MASAK AIR : Didin bilang ke Popon, Oke kamu  cuman tes ringan. Bagaimana cara merebus air? POPON bilang nyalahin kompor, taruh panci yanh diisi air. Didin langsung bilang Tepat. Kamu lulus. Aki protes bilang salah. Mestinya, beli gas yang tiga liter, pasang slang, cetekin kompor. DIDIN bilang ke Aki biran kamu gak lulus.
·         BISIKIN SOAL AMPLOP : Aki biran komplain bilang Heh, kalo nggak lulus, bisa gue perkarain lho. Didin tanya Apa yang mau Aki perkarain? Aki biran bisikin ke kuping DIDIN amplop-amplop tadi dari yang udah pada pulang masih ada kan? DIDIN ketakutan. KI BIRANG senyam-senyum.
·         Datang Cewek mau ngelamar ternyata dia salah alamat dia mau ngelamar jadi pramugari.

SEGMENT KETIGA [10 Menit]
SETTING   : WARUNG BANG POLTAK
PEMAIN    : DIDIN, POLTAK, SURTI, AKI BIRAN, PONIRAH

DIDIN, POLTAK DAN SURTI ONSET à Didin memberikan laporan seleksi administrasi penerimaan karyawan.
·         POSITIF JADI NEGATIF : Poltak Tanya Gimana, Din. Sudah ada hasilnya? Didin bilang sudah hasilnya positif. Poltak minta hasilnya jangan di bawa ke aparat biasanya kalau di bawa ke aparat bisa berubah jadi negatif. Surti tanya tapi kan masih ada test praktek hari ini. Didin bilang iya Ada beberapa yang lolos. Dan nanti akan datang ke sini.
·         SYARAT DITERIMA : SURTI bilang ke Didin syarat pertama yang kita terima adalah: gak boleh lebih cantik dari aku, ya. Poltak bilang ke Didin tapi juga ga boleh segagah saya, nanti piring dan gelas pada pecah.
·         IBU-IBU BIKIN GADUH : Didin bilang tenang, mereka adalah orang-orang hebat, yang bekerja dengan rasa dan hati. mereka ada para professional yang sudah lama jadi pembantu, baik di luar maupun dalam negeri. Yang nentuin diterima atau tidak kan Bu Surti dan Bang Poltak. Poltak bilang dia aja yang nentuin soalnya kalau Ibu-ibu udah ikut campur nentuin sesuatu bisa bikin gaduh. Surti ingetin posisi dia sebagai BUMB.
·         STRIPING NGEROKIN : SURTI keliatan nguap-nguap melulu. Didin tanya Bu Surti, kenapa keliatan ngantuk? SURTI bilang tugas striping. DIDIN tanya Lho, ikut striping sinetron, ya? Surti bilang bukan, tapi striping ngerokin Bang Poltak. Poltak bilang iya badan saya sampai tipis.

POPON INFRAME à dengan dandanan menor.
·         KENALIN POPON : DIDIN langsung kenalin calon karyawan yang akan di uji kemampuannya Ini peserta yang lulus sampai babak ini. Namanya Popon Suropon Binti Rumpon. Lulusan sekolah kepribadian, jurusan kepribadian ganda.
·         MULAI TEST : POLTAK tanya-tanya Popon, apa yang kamu bisa lakukan bisa bekerja di warung Bang Poltak? POPON bilang Semua bisa, kecuali bangun pagi, nyuci piring, melayani pembeli dan ngasih uang kembalian, SURTI tanya Kenapa ga bisa nyuci piring? POPON bilang Kalau gak pake tangan sih bisa? POLTAK bilang Wah, repot ini. Didin ikutan tanya Kenapa bangun jam 11, padahal warung buka jam 7. POPON bilang kalu gitu, saya shif siang aja. Saya gak biasa kena udara pagi, alergi.

AKI BIRAN INFRAME à dengan semangat
·         TERLAMBAT GAARA-GARA MANDI BASAH : Aki biran bilang maaf terlambat, baru mandi basah, Didin tanya Kok mandi basah, emangnya? Aki birang balik tanya Emang ada mandi yang kering, ngawur aja lo, Din. SURTI kaget tanya Lo kok, Aki datang. Poltak juga heran Iya, kita kan gak terima lelaki. Apalagi yang tua-tua, Aki bilang jangan menghina, biar gini-gini, ada darah feminin mengalir di tubuh Aki. Coba suruh apa aja, Aki bisa.
·         VISI MISI : Popon misi misinya pengen jadi terkenal siapa tau ada orang foto dia lagi jaga warung terus di upload di media social, ih ada penajaga warung kopi cantik. Aki biran punya visi misi menjadikan warung kopi masuk mall dan gak kalah sama warung kopi-warung kopi luar negeri, masa mall Cuma bisa menyewakan warung kopi buat perusahaan luar, perusahaan lokal juga harus di kasih space dong.
·         TES NGULEK SAMBEL : DIDIN bilang Kalo gitu, aki bantu tes peserta ini. Aki bilang Oke, Sekarang, aki mau ngajarin, gimana cara ngulek sambel. Aki Inprovisasi ngajarin Popon cara nyambel yang baik dan benar. Aki bilang sambel intinya bukan dicabe yang bikin pedes  epa tidak, tapi ulekan. Biar cabenya banyak, kalo ga diulek, tuh cabe ngeringkel aja.
·         CARA MENANDAKAN AIR UDAH MASAK APA BELUM : Popon bilang celupin aja tangan kita ke air tersebut kalo kita kepanasan berarti airnya udah mateng. Aki biran bilang kalau air belum masak itu cenderung tenang, tapi kalau air udah masak itu tandanya marah-marah berarti sudah mateng
·         BAHASA INGGRIS PRAKTIS : Popon bilang yang penting tau arti Yes dan No udah cukup, kalau Aki biran bilang yang penting ngeri duit.
·         CARA MENYAPA KONSUMEN : Popon menyapa selamat pagi kakak silahkan warung kopinya, sementara Aki biran menyapanya Hei apa kabar?
·         FILOSOFI MELAYANI : Poltak minta Aki dan Popon mempraktekan cara melayani konsumen, Popon melayani konsumen dengan lemah lembut dan semua yang dateng di layani tanpa melihat usia pelajar, pengangguran atau pekerja semua harus di panggil sayang, mau pesen apa sayang? Aki biran menawarkannya dengan cara to the point gak usah basa-basi, langsung aja heh mau pesen apa gak, kalo pesen buruan, kalo gak mendingan pergi dah dari sini. Poltak bilang ini kan public service jangan kayak pemerintah public service malah publik yang melayani pemerintah bukan pemerintah yang melayani publik.
·         CARA MEMBUAT KOPI : Popon membuat kopinya kopi di masukin dulu, terus gula, terus kasih air panas baru di aduk. Aki biran bikinny kasih air panas ke konsumen suruh minum nanti kopi dan gulanya menyusul, diaduknya di dalem perut.
·         PENGUMUMAN TEST : Surti bilang ke Didin setelah menimbang, dan memutuskan kalau Pak Didin, ternyata gak ada yang layak. Jadi mereka gagal. Aki penasaran tanya Saya gagal juga? SURTI bilang Bukan cuman gagal, tapi pake total….
·         GAGAL BUKAN BERARTI BERHASIL : Aki biran merengek ke DIDIN bilang Din, aki nggak mau tau, pokoknya aki mesti diterima, kan semua tes aki bias, Didin bilang Ini keputusan owner, walaupun kali ini gagal bukan berarti Aki berhasil. Didin kemudian bilang coba ngelamar ke tempat lain aja. Jadi model kan masih bisa.
·         AKI MASKSA DI TERIMA KARENA TAU SOAL AMPLOP : Aki maksa Din, lo mesti terima gue, kalo nggak urusan bisa panjang nih. POLTAK dan SURTI kaget. DIDIN tanya Urusan apa, Ki. Emangnya saya ada masalah apa? Aki bilang soal amplop dari beberapa pendaftar yang lo terima. DIDIN ketakutan, tapi dia berusaha tenang. DIDIN bilang Gini aja, kalau sampai setahun belum juga ada yang diterima, Aki saya terima. Aki girang lalu nomplok DIDIN, Aki bilang Nah, ini yang gue senang.

SEGMENT KEEMPAT [10 Menit]
SETTING   : EXT. TAMAN
PEMAIN    : DIDIN, PURI, CHIKA JESIKA, POLTAK

DIDIN DAN ASISTEN ONSET à Puri ngomongin soal amplop.
·         SUSAH CARI BUAT JAGA WARUNG : Puri bilang cari orang buat jaga warung aja susah, tapi jadi pejabat negara kok gampang ya, Didin bilang jadi peabat negara gampang asal bisa menjilat sama pimpinan aja langsung jadi pejabat.
·         MINTA PENUTUP MULUT : Puri minta uang tutup mulut soalnya dia tau Didin terima amplop dari para pelamar, Didin malah kasih penutup botol minuman buat nutup mulut Puri.
·         MINTA KECEPRETAN : Puri kesel bilang maksudnya bukan itu tapi dia minta kecepretan juga amplop dari pelamar, Didin malah nyepretin air yang ada dalam botol.

CHIKA JESIKA INFRAME à sambil nyanyi-nyanyi girang, Didin mengenali Chika lalu tanya-tanya.
·         GOMBALIN : DIDIN tanya Heh, kok girang banget, emang udah dapet kerjaan? CHIKA bilang kerjaan baru sih belum dapat, tapi selingkuhan baru udah nunggu. DIDIN bilang Gimana kalo kamu kerja di rumahku saja. CHIKA Boleh, rumahnya di mana? DIDIN Di hatimu. Puri ikutan gombalin Chika tanya kerja apa yang jadi judul film? Chika bilang gak tau lalu dia tanya kerja apa? Puri bilang Kerja lah daku kau ku tangkap, Didin kesel Puri ikutan ngerayu Chika lalu menyuruh Puri pergi. Puri outframe.
·         GAK SUKA SAMA HANDIP TAPI PEMAIN MUSIK : Didin kembali gombalin Chika tanya kamu tau gak perbedaan politisi sama aku, Kalo politisi suka buat janji-janji palsu kalau aku suka buat janji nikah sama kamu. CHIKA terlihat kesal, bilang aku gak suka sama orang yang jabatannya hansip. DIDIN tanya sukanya sama siapa? Chika bilang dia sukanya sama pemain musik atau presenter.
·         SAYANG JADI PELAYAN : DIDIN Didin bilang dia juga bisa main musik walaupun kedengerannya gak enak yang penting sombong dulu, masalah enak atau gak belakangan. DIDIN bilang Sayang kalo orang secantik kamu, cuman jadi pelayan warung. CHIKA bilang biar pelayan, tapi gaji direktur, gak masalah, kan? Dari pada jadi pelayan di warung mendingan jadi pelayan di hati aku.

POLTAK INFRAME à Poltak muncul abis lari pagi dan menghampiri  Chika
·         REVOLUSI MENTAL SUDAH TERJADI : POLTAK cemburu bilang Revolusi mental sudah terjadi rupanya. DIDIN dan CHIKA kaget.
·         TANYA-TANYA SIAPA CHIKA : POLTAK Cantik kali, kau. Siapa ini? CHIKA Saya pelamar kerja pelayan yang gugur dibabak penerimaan, Pak…. POLTAK tanya Kenapa dia tidak lolos, Din? DIDIN Gugur dibabak pengiriman data. CHIKA bilang padahal, jadi pelayan adalah impian saya sebelum tidur, pak. Saya ingin mengangkat harkat dan martabat keluarga, nama daerah, dan nama besar provinsi. DIDIN keki bilang Heh, jangan kelewat lebay kales…
·         SEMANGAT REVOLUSI BESAR : POLTAK bilang Didin, kau dengar semangat revolusinya begitu besar. Kenapa kau patahkan di jalan. DIDIN bilang Semangat saja belum cukup, dia tidak punya komitmen, visi misi, dan daya jual.
·         KERJA BUAT APA : POLTAK tanya Chika Coba aku Tanya. Heh, kau bekerja untuk apa? CHIKA bilang Untuk ngumpulin duit. POLTAK bilang Udah ngumpulin duit, buat apa lagi? CHIKA bilang Buat beli makanan, biar sehat. DIDIN ikutan tanya Kalo udah sehat, terus ngapain? CHIKA bilang Ya buat kerja, dong…..
·         MINTA CHIKA DI TERIMA KPK MENGINTAI : POLTAK bilang ke Didin, Didin.. ini kan ulasan yang bagus. Pokoknya harus diterima. DIDIN bilang Tidak bisa. Urusan diterima atau tidak pada mulanya ada di tangan saya. POLTAK narik DIDIN. Terus ngomong pelan. POLTAK bilang Didin, aku tau, kau kerja secara professional. Aku hargai itu. Ngomong-ngomong, berapa duit sudah kau dapat. Ingat KPK mengintai di mana-mana bisa kena kau penyalah gunaan jabatan.
·         JANJI KASIH UANG 600 RIBU : DIDIN bilang Dari sejumlah amplop, saya dapat  500ribu. POLTAK bilang Oke, nanti saya jadikan 600ribu. DIDIN bilang Pak Poltak mau ngasih 600ribu, lagi… POLTAK manggut-manggut penuh misteri. DIDIN Ngebatin ngomong Limaratus ribu, tambah 600ribu, sejuta seratus. Didin tanya ke Poltak Kapan uangnya saya terimanya? Saya butuh uang buat beli hp seken, Pak… Poltak bilang pakai uang kau dulu itu yang 500 ribu ya. DIDIN tanya jadi nanti saya dapat tambahannya. POLTAK bilang Jangan banyak omong, pakai saja uangmu dulu.
·         CHIKA DI TERIMA PELUK DIDIN: CHIKA nyerobot tanya Pak Poltak, gimana nih? Diterima, kan? POLTAK bilang Oke. Besok pagi, kau bisa kerja, CHIKA senang bukan main, lalu dia memeluk DIDIN. Terang aja POLTAK bingung.. DIDIN ngacungin jempol. Setelah itu, CHIKAN out frame.
·         NYESEL PAKAI JASA DIDIN : POLTAK bilang Percuma pakai jasa kau, gak ada hasilnya. DIDIN tanya yang 600ribu kapan? POLTAK bilang Pakai uang kau dulu! DIDIN keliatan bingung.

SEGMENT KELIMA [10 Menit]
SETTING   : WARUNG BANG POLTAK
PEMAIN    : POLTAK, CHIKA, MIING, SURTI, DIDIN

POLTAK DAN CHIKA ONSET à Chika sudah kerja di warung Poltak.
·         CHIKA BERGAYA : Poltak bilang sekarang kau sudah bisa langsung kerja disini. CHIKA minta tunggu sebentar aku mau rapihin kuku dulu nanti kalau orang lihat kuku aku hitam-hitam kan malu, Poltak bilang habis rapihin kuku langsung kerja ya, Chika bilang nanti dulu aku mesti rapihin rambut dulu soalnya kalau rambut aku acak-acakan nanti di kira abis ngapa-ngapain. Poltak bilang ya sudah habis kau rapihin rambut langsung kerja ya? Chika lagi-lagi bilang nanti dulu aku harus rapihin baju dulu, soalnya kalau gak rapih kan entar gimana? POLTAK geleng-geleng bilang terserah kau lah mau kerja kapan!!
·         POLTAK GENIT : POLTAK Chika, kamu pernah kerja di mana? CHIKA bilang Belum pernah kerja, Pak. POLTAK bilang Jangan panggil, Pak…rasanya kita sangat berjarak. Aku ingin, hubungan antara pegawai dan majikan di sini tanpa jarak. CHIKA bilang nanti kalo tanpa jarak nabrak dong, Poltak bilang ya nabrak-nabrak dikit tak apalah. Chika tanya Jadi aku harus manggil apa, Dong? POLTAK bilang Panggil aku “BUNGA”, Chika tanya ini investigasi apa Bang Poltak sih. Poltak lalu bilang Panggil aja Kaka atau Abang…. CHIKA kaget langsung teriak Wow…
·         NGAJARIN NGULEK SAMBEL : POLTAK tanya kamu bisa ngulek sambel, Chika? CHIKA bilang Wow, aku ga bisa nyambel, tanganku diciptakan bukan untuk nyambel. Tapi untuk hal yang lain. POLTAK cengar-cengir.  Sambil ngomong pelan, “Bukan cuman Ki Biran, yang bisa cari keuntungan….” Kemudian POLTAK pun mengajari CHIKA nyambel (inprovisasi).

MIING INFRAME à saat keadaan lagi seru. MIING ngeliatin gimana POLTAK lagi cari kesempatan untuk mepet CHIKA.
·         SAMBELNYA BIASA CARA NYAMBELNYA ASIK : CHIKA tanya Kalo gini, sambelnya enak apa ngga? POLTAK bilang Sambelnya sih biasa, cara nyambelnya yang asyik.
·         SKANDAL PEDES : MIING bilang Ini baru yang disebut skandal pedes! POLTAK kaget. Melotot ke MIING. Yang dipelototin cuman cengar-cengir. CHIKA malah makin rapat ke POLTAK. MIING bilang ini nih yang bikin skandal. Cowoknya gatel, ceweknya pasrah…
·         JANGAN SALAH SANGKA : POLTAK bilang ke Miing, kau jangan salah sangka. Kenyataannya tidak seperti yang kau liat. MIING bilang Lho, gimana bisa gitu? Semua jelas tanpa tedeng aling-aling. Jangan-jangan kenyataannya malah lebih parah.
·         PENGANGGURAN KREATIF : CHIKA tanya Poltak Abang, itu siapa sih, kok ganggu acara kita aja, sih? POLTAK bilang Pengangguran kreatif. Tiap hari cari masalah. Ga usah dipikrin… MIING dan POLTAK terlibat perdebatan. MIING bilang Warung begini aja cari pelayan yang seksi, hasilnya sebulan gak cukup buat dandan pelayan sehari.

SURTI INFRAME à sudah dandan menor tanpa sepengetahuan Poltak. Poltak malah makin mesrah sama Chika.
·         KARYAWAN BARU PILIHAN DIDIN : SURTI bilang haduh bagus ya,istri di suruh beres-beres rumah, dia malah enak-enakan sama cewek, Heh, cepat katakan, siapa ini? Jangan main gila, ya? Poltak bilang ini bukan siapa-siapa aku, Surti bilang kalau bukan siapa-siapa abang, terus ini siapa? Poltak bilang ini karyawan baru pilihan Didin.
·         MAU DI TOLAK KASIHAN ANAK YATIM : Aku kan sudah bilang, jangan cari pegawai yang lebih cantik dari aku. POLTAK melepaskan tangan SURTI dari kupingnya. CHIKA mundur beberapa langkah. POLTAK bilang Ini karyawan kita, Mama. Pilihan si Didin, mau ditolak gimana, dia anak yatim… aku gak tega.
·         CHIKA NGOMPORIN : CHIKA bilang ke Poltak jadi aku manggilnya apa, Abang, Mas, Kaka, atau Sayang? SURTI tambah murka, Apalagi MIING ikut manas-manasin. Hingga keadaan makin kacau.

DIDIN INFRAAME à MIING minta Didin tanggung jawab kekacauan rumah tangga orang.
·         Miing bilang ini nih orang yang bikin kacau. Mendingan gue pergi, ga enak ikut campur urusan orang. MIING out frame.
·         DIDIN DI SEMPROT SURTI : SURTI langsung nyemprot DIDIN dengan makian. Terang aja DIDIN bingung. SURTI bilang Heh, Didin, Hansip gak punya seragam baru. Siapa suruh terima cewek itu? DIDIN gelagepan gak bisa jawab.
·         POLTAK NYALAHIN DIDIN : POLTAK bilang kau gimana, Din. Sudah ku bilang, jangan diterima, eh diterima juga, matilah aku…. SURTI bilang Cewek ini jelas bukan orang yang kita butuhkan. Kita butuh pelayan, bukan pesolek. CHIKA malah asyik bergaya…(inprove). SURTI makin kesal.
·         CHIKA DI PECAT : SURTI bilang Sekarang, suruh dia pulang ke alamnya. CHIKA bilang Ya. Saya siap pulang. Tapi saya ke sini pakai mobil sewaan. Saya butuh uang buat bayar.
·         DIDIN DI SURUH KASIH UANG KE CHIKA : SURTI bilang Didin kasih uang dia. Kasihan cantik-cantik boke. DIDIN bilang Kok saya? SURTI makin kesel bentak Didin Cepetan. POLTAK bilang ke Didin Din, kasih saja yang 500ribu. Nanti kuganti. DIDIN bilang Oh-ya, di Pak Poltak uang saya ada 600ribu.
·         GRATIFIKASI : Terjadi keributan, soal uang korupsi, Poltak bilang kalau Didin bisa kena pasal gratifikasi kalau gak nyerahin uangnya ke dia. DIDIN akhirnya nyerahin uang ke CHIKA 500 ribu.
·         CHIKA NGELEDEK MAU DATENG LAGI : CHIKA tanya Besok aku datang lagi jam berapa ya? Lumayan, belum kerja aja udah gajian… Surti kesel teriak GAK USAH DATENG LAGI, Chika ketakutan Out Frame: CHIKA. SURTI ngikutin.
·         RESIKO YANG GAK DI PERHITUNGKAN : DIDIN komplain Pak Poltak, gimana nih, kok jadinya malah begini. POLTAK bilang Biasa, dalam hal bisnis. Ada sesuatu yang tidak kuperhitungkan. Surti tidak menghendaki ada dua perempuan di sini. DIDIN bilang Bapak sih maksa, kan saya udah nolak.
·         RIBUTIN UANG 600 RIBU : Eh, mana uang saya yang 600ribu lagi. POLTAK tanya Uang apaan? Hati-hati ya kalau ngomong, nanti bisa jadi delik aduan ke KPK, nih. DIDIN bilang Lho, kemarin Pak Poltak janji, kalau saya lulusin Chika, saya akan dapat 600ribu lagi.POLTAK bilang aku gak janji, nanya kau dapat berapa, kalau ku tambah jadi berapa? DIDIN bilang Saya dapat 500ribu, kalau ditambah 600ribu, jadi sejuta seratus.  POLTAK bingung Yang nambahin siapa? Didin bilang Bang Poltak.  POLTAK bilang Oke, jadi saya nambahin 600ribu ya, tadi kamu pakai buat Chika 500ribu. Tinggal 100ribu. Mana? DIDIN kaget bilang Lho, kok jadi begini. POLTAK [Maksa] Cepat serahkan yang100ribu, aku ga mau nyuap orang.
·         ORANG PINTAR GAMPANG CARI DUIT : Setelah berdebat panjang, DIDIN nyerah juga. Dia ngambil duit dari dompet dalam kantongnya. DIDIN bilang Ini sisa gaji bulan ini… POLTAK senang, merasa menang. DIDIN out frame. POLTAK bilang Orang pintar, pasti gampang cari duit….

SURTI INFRAAME à mencolek Poltak
·         IBU PKK LEBIH KEJAM KPK : surti colek bilang mana uang yang 100ribu serahin. POLTAK nyengir kering. Ngasihin uang itu ke tang SURTI. POLTAK bilang ternyata Ibu PKK lebih kejam dari KPK, Di atas tukang palak, ada tukang peras….
·         POLTAK garuk-garuk kepala. SURTI tersenyum, sambil berkipas dengan ratusan ribu tadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar